7 Dampak Negatif dari Mendidik Anak dengan Cara Kekerasan

Sebagai orang tua, terkadang ketika ingin mendisiplinkan anak akan memberikan kekerasan fisik maupun verbal. Tentu kekerasan ini memiliki dampak yang signifikan terhadap fisik dan psikologi sang anak.

mendidik anak kekerasan

Anak yang susah diatur memang membuat banyak ornag tua kualahan dan jengkel. Akan tetapi lebih baik mengganti kekerasan dengan cara lain yang lebih bijak. Berikut penjelasa dampak dari kekerasan terhadap anak:

1. Membentuk mental sebagai korban

Anak korban kekerasan pada umumnya sudah mengalaminya sejak kecil sehingga mental sebagai korban sudah terlanjur terbentuk di alam bawah sadarnya.

2. Melakukan kekerasan

Kekerasan yang terjadi pada masa kanak-kanak dapat meningkatkan si anak menjadi orang yang melakukan kekerasan. Hal ini terkadang akibat dari balas dendam dan ia ingin melampiaskannya.

3. Rendahnya Kepercayaan diri

Kepercayaan diri anak yang rendah seringkali disebabkan oleh ketakutan akan melakukan sesuatu yang salah dan ia akan mengalami kekerasan. Hal ini juga mengakibatkan anak akan kesulitan bergaul.

4. Mengalami trauma

Kekerasan yang dialami anak akan menimbulkan luka hati dan juga trauma. Dampak untuk kehidupan anak selanjutnya akan sangat besar salah satunya depresi, stres dan gangguan psikologi lainnya.

5. Bersikap murung

Perubahan emosional apabila mengalami kekerasan akan terlihat menjadi pendiam, pemurung dan mudah menangis. Ketidak mampuan anak untuk mencari cara menghilangkan beban pikiran dengan efektif lah yang akan menghilangkan perasaan positif dari dirinya.

6. Kesulitan mempercayai orang lain

Anak yang mengalami kekerasan merasa kehilangan figur orang dewasa yang bisa melindunginya, karena itulah sedikit demi sedikit kepercayaannya kepada orang lain akan mulai terkikis.

7. Bersikap agresif

Anak akan belajar bahwa sikap yang penuh kekerasan itu adalah sikap yang membuat seseorang menjadi kuat, karena itu ia juga harus bersikap agresif agar dapat menjadi orang yang kuat dan tidak lagi menjadi korban tindak kekerasan.

Dampak kekerasan pada anak dapat terlihat sedini mungkin, tetapi akan lebih baik jika jangan pernah melakukan kekerasan pada anak. Meski anak menjadi nakal dan susah diatur gunakan cara yang lebih bijak bahkan hukuman yang membuat anak menjadi jera dan beedampak baik.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE