7 Fakta Unik Mengenai Anak Kembar, Menarik Nih untuk Diketahui

November 23rd, 2017

Bagi orang tua, memiliki anak kembar menjadi anugerah spesial yang diberikan oleh Tuhan YME. Apalagi, kalau anak kembar tersebut lahir dengan jenis kelamin berbeda. Dengan begitu, kedua orang tua ataupun kakek dan nenek pun tidak perlu ribut mengenai jenis kelamin bayi yang diinginkannya. Karena, semuanya terpenuhi.

fakta unik bayi kembar

Terlepas dari hal tersebut, ternyata ada fakta unik yang cukup menarik untuk diulik dari keberadaan bayi kembar, yakni:

1. Bisa lahir karena terjadi pembuahan lebih dari 1 sperma

Kasus seperti ini terjadi ketika seorang wanita memiliki kebiasaan berhubungan intim dengan lebih dari 1 pria. Tak menutup kemungkinan, sel telur yang ada dalam tubuhnya mengalami proses pembuahan dari 2 sel sperma sekaligus.

Kejadian seperti ini memang jarang terjadi pada manusia, lebih sering pada kucing dan anjing. Namun, bukan berarti tidak mungkin. Apalagi, kalau proses pembuahan terjadi pada siklus haid yang sama, padahal dilakukan dari hubungan intim di waktu berbeda.

2. Riwayat keluarga wanita

Seorang wanita yang punya riwayat anggota keluarga kembar, berpotensi tinggi melahirkan bayi kembar. Alasan utamanya adalah, karena dalam proses pembuahan janin, sel telur wanita memiliki peran yang lebih dominan dibandingkan sel sperma.

3. Membuat ibu berusia lebih panjang

Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari Universitas Utah mengungkapkan fakta mengejutkan. Ibu dari bayi kembar memiliki kecenderungan masa hidup yang lebih panjang. Hal ini dilakukan setelah mereka mempelajari angka kelahiran dan kematian pada rentang tahun 1800 hingga 1970.

4. Wanita berusia 30 tahun cenderung lebih mudah melahirkan anak kembar

Waktu terbaik bagi orang tua yang ingin melahirkan bayi kembar adalah pada rentang usia 30 sampai 40 tahun. Hal ini berkaitan erat dengan kinerja ovarium yang lebih optimal pada rentang waktu tersebut. Para ahli kandungan mengungkapkan, tak menutup kemungkinan seorang wanita pada rentang usia tersebut mengeluarkan lebih dari 1 sel telur dalam 1 bulan.

5. Potensi kehamilan kembar terus meningkat

Menurut catatan, sejak tahun 1980 angka kelahiran bayi kembar relatif mengalami peningkatan. Bahkan, angka peningkatan tersebut pun cukup tinggi, mencapai 76%. Selain itu, seorang ibu bayi kembar juga punya ciri bentuk tubuh lebih tinggi sekitar 1 inci dibandingkan wanita lain.

6. Hamil ketika proses hamil terjadi

Hamil dalam waktu hamil, bagaimana ceritanya? Agak unik, tapi hal itu bisa saja terjadi dalam proses kelahiran bayi kembar. Bayi kembar seperti ini bisa dilihat pada masa perkembangannya yang berbeda. Hal ini karena ada salah satu bayi yang terbentuk terlebih dahulu, kemudian disusul oleh pembuahan berikutnya.

7. Bahasa unik antara anak kembar

Di antara anak kembar, ada bahasa unik yang hanya bisa mereka mengerti, oleh para peneliti disebut dengan nama bahasa crypthopasia. Bahasa ini memungkinkan bayi kembar untuk berkomunikasi secara lancar. Persentase terjadinya komunikasi khusus antara bayi kembar ini pun cukup tinggi, mencapai 40 persen.

Komentar

BACA JUGA