7 Hal Penting yang Harus Diketahui Anak saat Menginjak Usia 4 Tahun

Tak usah berlarut-larut merasa senang bila si kecil sudah mulai meninggalkan usia batita. Atau mungkin jangan terlalu larut-larut merasa sedih bila Anda merasa si kecil mulai tumbuh besar dan mulai mengenal dunia yang luas.

Memang, di umur 4 tahun, kehidupan anak tak berputar di sekitar ayah dan bundanya saja. Lebih luas lagi, si kecil mulai mengenal orang baru, teman baru dan semua hal baru. Selain itu, ada banyak pengalaman baru yang akan dirasakan di kehidupan si kecil.

anak usia 4 tahun

Kepandaian anak sudah tidak bisa diukur dari kemampuan anak menghafal nama hari atau hitungan 1 sampai 100. Lebih dari itu, mengutip dari website A Magical Chilhood, 7 hal yang wajib diketahui si kecil yang berusia 4 tahun;

1. Anak 4 tahun harus tahu bahwa dirinya dicintai

Anak harus tahu bahwa dirinya dicintai kedua orang tuanya tanpa syarat dan lekang waktu. Pun, anak harus bisa mengekspresikan cintanya untuk orang tuanya.

2. Anak 4 tahun harus tahu standard amannya

Pada usia 4 tahun, anak harus lebih mempercayai instingnya. Di mana ia harus tahu berada di situasi aman atau tidak bersama oraqng yang bersahabat atau tidak dan menolak ajakan seseorang yang menurut instingnya berbahaya.

Di sini, anak harus tahu bahwa ia harus bercerita pada orang yang dipercayainya jika da masalah. Pun, anak harus mengerti momor kontak penting dan alamat rumahnya bila terjadi sesuatu di jalan.

3. Anak 4 tahun harus tahu bagaimana menggunakan imajinasinya

Boleh jadi bila si kecil sukamembayangkan awan sesuai bentuk dalam imajinasinya. Atau melakukan peran dan dialog khayalan sesuai imajinasi. Sebab anak bebas tertawa dan mngeksplor imajinasi positifnya.

4. Anak 4 tahun harus apa yang menjadi minatnya

Anak bisa bercerita apa yang disukainya, mulai dari orang yang disukainya, artis idola atau hobunya pada orang terdekatnya. Bisa membedakan mana orang yang baik hatinya, atau mana yang tidak baik unjtuk dirinya. Atau membedakan mana aktivitas yang menyenangkan dan mana yang membosankan.

5. Anak 4 tahun harus tahu bagaimana belajar sikap mandiri

Bunda tak perlu heran bila si kecil tiba-tiba berkata kalau dirinya sudah besar. tandanya ia mulai mandiri dengan merasa dirinya lebih dewasa dari bayi yang ia lihat.

6. Anak 4 tahun harus punya rasa ingin tahu

Menumbuhkan rasa ingin tahunya, baik bagi si anak,. Tetapi, jangan sampai mematikan rasa ingin tahunya karena dipaksa untuk selalu kreatif. Biarkan si anak untuk mencoba belajar. Tidak hanya pelajaran yang ada di sekolah, tetapi budaya baik juga seperti sikat gigi sebelum tidur atau lainny7a.

7. Anak 4 tahun harus tahu cara bersosialisasi

Pada seusia ini anak akan mendapat lingkungan baru bersama teman-temannya. Ajari kata maaf ketika salah, tolong jika menginginkan sesuatu dan lainnya. Jika si anak belum bisa melakukannya, jangan khawatir karena perkembangan sosialisasi anak berbeda-beda.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE