7 Hal yang Harus Diketahui Saat Merawat Bayi Baru Lahir

Bagi orang tua muda yang baru memiliki anak, merawat bayi yang baru lahir dapat menjadi kendala tersendiri. Perawatan yang dibutuhkan sangat khusus dan banyak hal yang wajib diketahui oleh orang tua muda, diantaranya :

merawat bayi baru lahir

1. Bayi Menyusui Tiap 1-2 jam

Bayi memiliki ukuran lambung yang kecil sehingga Anda perlu memberi susu sedikit-sedikit namun sering. Dalam beberapa hari pertama, bayi menyusu 1-2 jam sehari. Apabila bayi terlalu banyak tidur, Anda dapat membangunkannya untuk memberinya susu.

2. Sering Mengalami Gumoh

Gumoh terjadi karena fungsi katup antara esofagus dan lambung belum sempurna. Untuk mencegah terjadinya gumoh, posisikan bayi Anda tegak selama 30 menit setelah menyusu dan biarkab bayi Anda bersendawa.

3. Tidur Selama 16-18 jam per hari

Bayi baru lahir tidur 1-2 jam sekali tidur, total jam tidur per harinya 16 hingga 18 jam per hari. Dan ketika usia menginjak 6 bulan, usahakan banyak melakukan aktivitas kegiatan di siang hari sehingga malam hari dapat tidur lebih lama.

4. Bayi Baru Lahir Butuh Kehangatan

Lemak pada tubuh bayi jumlahnya masih sedikit sehingga belum dapat mengatur suhu tubuh dengan efektif. Hal yang dapat dilakukan untuk menjaga agar bayi tetap hangat dengan dipakaikan topi, sarung tangan, kaos kaki dan membedong bayi.

5. Sering Buang air Besar Setelah Menyusu

Bayi baru lahir dapat buang air besar 3-10 kali per hari. Menjelang 3 sampai 6 minggu, frekuensinya akan semakin menurun. Tetapi, Anda juga wajib memperhatikan cairan BABnya.

6. Perawatan Tali Pusat

Jaga tali pusat dan kulit disekitarnya agar tetap bersih dan kering. Namun, jija tali pusat bayi berubah menjadi kemerahan dan berbau, segera bawa bayi Anda ke dokter karena kemungkinan hal tersebut ialah infeksi.

7. Kulit Yang Sensitif

Salah satu masalah utama bayi yakni ruam popok. Usahakan popok bayi tetap bersih dan kering, jangan gunakan tisu basah beralkohol, dan jangan memakai popok terlalu kencang. Lebih baik membersihkan dengan kapas dan air hangat dan keringkan dengan handuk lembut.

Bayi pada dasarnya belum bisa mengkonsumsi obat batuk, sehingga cara terbaik mengobati bayi yang sedang sakit batuk ialah menggunakan obat alami seperti diatas.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE