7 Hal yang Wajib Dilakukan Kalau Memilih Pendidikan Homeschooling unuk Anak

February 13th, 2018

Pendidikan homeschooling kerap menjadi pilihan cara mendidik anak di era modern seperti sekarang. Alasan utamanya adalah, karena para orang tua yang tak memiliki kepercayaan pada sistem pendidikan di sekolah.

Namun, pendidikan homeschooling juga harus dilakukan dengan benar. Orang tua harus menyediakan pola pendidikan yang benar-benar dibutuhkan oleh anak. Oleh karena itu, ada 7 hal yang harus dilakukan ketika memilih menjalankan pendidikan homeschooling, yakni:

pendidikan homeschooling

1. Menetapkan tujuan jangka pendek

Milestone atau tujuan jangka pendek menjadi hal yang harus diterapkan pada pendidikan homeschooling. Milestone tersebut bisa beragam, misalnya hal-hal yang berkaitan dengan sistem motorik anak, kehidupan sosial, atau tumbuh kembangnya.

2. Mengenali kecerdasan serta gaya belajar anak

Menyediakan pola pendidikan yang efektif juga harus menjadi hal penting dalam homeschooling. Oleh karena itu, orang tua harus bisa dengan cerdas mengenali gaya belajar serta kemampuan yang paling menonjol pada anak.

3. Banyak praktik langsung

Pendidikan homeschooling juga memberi kesempatan kepada orang tua untuk lebih banyak mengajak anak belajar dengan cara praktik. Caranya tak begitu sulit, tinggal mengajak mereka untuk beraktivitas bersama sehari-hari.

4. Belajar di luar

Mengajak anak bermain sekaligus belajar di luar juga bisa jadi pilihan menarik ketika homeschooling. Belajar di luar tak harus ke tempat wisata. Bisa pula ke lokasi yang berada tak jauh dari rumah, seperti taman bermain.

5. Anak diajak berperan aktif

Mengajarkan anak untuk berperan secara aktif juga jadi hal wajib ketika homeschooling. Anda bisa menerapkan pola pendidikan yang menarik sehingga memancing rasa ingin tahu mereka.

6. Mengajak anak kreatif

Hal utama yang menjadi keuntungan dari homeschooling adalah tidak adanya kurikulum yang pasti. Hal ini berdampak pada pengembangan kreativitas anak. Anak bisa diajak untuk dengan bebas mempelajari hal-hal yang disukainya.

7. Evaluasi oleh pendamping

Evaluasi juga menjadi hal yang harus dilakukan secara rutin. Bahkan, akan lebih baik kalau evaluasi tersebut dilakukan oleh seorang psikolog. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui perkembangan psikologi mereka.

Dengan menjalankan 7 hal tersebut, pendidikan homeschooling anak bisa berjalan dengan baik. Hasil yang diperoleh pun akan sangat memuaskan. Hal yang paling penting, kedekatan antara anak dengan orang tua bisa terjalin dengan baik.

Komentar

BACA JUGA