7 Kesalahan Orang Tua Dalam Mendidik Anak yang Sering Dilakukan

October 22nd, 2017

Mendidik anak adalah tugas setiap orang tua. Segala cara dan didikan dilakukan orang tua. Namun, apakah moms menyadari jika ada kebiasaan mendidik anak yang salah dan sering dilakukan?

Berikut kesalahan orang tua mendidik anak yang jarang diketahui:

kesalahan dalam mendidik anak

1. Berbohong dan sering

Dengan kesibukan orang tua, sering kali “mengusir” anak agar tidak mengganggunya bekerja. Kebiasaan ini akan ditiru oleh anak dan anak-anak secara tidak langsung belajar berbohong.

2. Mengancam anak

Mengqajarkan anak agar menurut apa yang dikatakan orang tua, kadang orang tua mengancam anak. Berbagai ancaman dikatakan seperti tidak diberi uang jajan, tidak boleh bermain, dan sebagainya. Perlakukan tersebut akan membuat si kecil merasa berkecil hati dan membuatnya tidak percaya diri apalagi takut berbuat salah.

3. Orang tua tidak mempercayai anak

Anak-anak suka sekali bercerita akan apa yang terjadi pada dirinya ketika bermain, sekolah atau kegiatan lainnya. Ketika anak bercerita dan orang tua menanyakan akan kebenarannya berkali-kali akan membuat si anak “trauma” tidak ingin menceritakan apapun dan menjadi tidak percaya diri dihadapan orang tua.

4. Memberikan kasih saying berlebih

Tidak ada yang salah member kasih saying pada anak-anak. Namun jika kasih saying tersebut berlebih, hanya akan membuat perilaku si kecil tidak terkendali. Seperti membiarkan perilaku buruk si anak dan orang tua justru menyalahkan orang lain atas kesalahan si kecil, hal ini akan membuat si kecil manja dan membuatnya menjadi pribadi yang buruk di masa mendatang.

5. Menakuti anak

Ketika anak menangis, orang tua kadang menakuti si ekcil dengan berbagai pernyataan yang tidak sebenarnya. Hal ini akan dengan sendirinya menghantui si kecil bahkan akan membencinya. Hal ini tentu adalah kebiasaan yang tidak baik.

6. Orang tua berjanji tetapi tidak menepati

Ketika orang tua menjajikan sesuatu kepada anak namun kerap kali tidak menepatiinya hanya akan membuat si kecil tidak mempercayai orang tuanya. Akan berakibat buruk ketika si kecil meniru kebiasan orang tuanya.

7. Orang tua marah berlebihan

Tindakan marah orang tua di depan anak sangat tidak baik bagi perkembangan mental sang anak. Ketika orang tua maarah dengan nada tinggi hanya akan membuatnya ketakutan dan cenderung menjadi pribadi yang pendiam di masa mendatang.

Itulah pendidikan kepada anak yang tidak disadari akan membuat perkembangan perilaku dan mentalnya buruk di masa datang. Diharapkan kesalahan di atas dapat meminimalisir kesalhan para orang tua agar lebih bijaksana mendidik anak.

Komentar

BACA JUGA
  • Terbaru
  • Terpopuler
anak doyan dandan

Anak Doyan Berhias? Ini Hal yang Harus Dilakukan Orang Tua

Berdandan cantik merupakan aktivitas yang sering dilakukan ...
bahaya kucing ibu hamil

Buat Para Ibu Hamil, Perhatikan Nih 7 Bahaya Dekat-Dekat Kucing!

Kucing merupakan hewan yang banyak berkeliaran di sekitar ...
anak multi bahasa

Ingin Mendidik Anak dengan Komunikasi Dua Bahasa? Ikuti 5 Tips Berikut!

Anak kecil atau usia balita yang dapat berkomunikasi dengan ...
minuman ibu hamil

Penting! Minuman yang Boleh dan Tidak Boleh Dikonsumsi Ibu Hamil

Sebagai Ibu yang baik pasti akan memberikan yang terbaik ...
kantung mata anak

4 Tips Ampuh Menghilangkan Kantung Mata pada Anak

Tak hanya orang dewasa, kantung mata juga bisa terjadi pada ...
penyakit kulit anak

6 Penyakit Kulit Pada Anak yang Perlu Diwaspadai

Sebagai orang tua yang selalu waspada dengan kesehatan si ...
cara mengajari anak menghitung

Cara Mudah dan Efektif Mengajarkan Anak Menghitung

Tak semua anak berbakat dalam mengusai matematika. Tetapi ...