7 Makanan Terbaik Untuk Tumbuh Kembang Anak

Mulai usia 18 bulan, anak-anak sudah bisa mengkonsumsi makanannya sendiri. Sehingga moms harus bijak memilih makanan yang baik untuk dikonsumsi dan bermanfaat bagi perkembangan dan pertumbuhannya. Ada banyak makanan yang dapat moms pilih sebagai menu yang baik bagi tumbuh kembangnya.

Namun moms harus bijak memilih makanan yang memang memiliki kandungan vitamin yang baik untuk perkembangan dan pertumbuhan si anak. Selain memberikan makanan sehat, moms juga dapat mengenalkan nama makanan yang ia makan sehingga juga memberikan ilmu kepada si kecil.

makanan untuk anak

Berikut beberapa makanan yang bermanfaat bagi tumbuh kembang anak:

1. Ikan Tuna dan Salmon

Ikan tuna dan Salmon memiliki kandungan Omega 3 yang berperan dalam menunjang pertumbuhan dan perkembangan otak anak. Untuk hasil yang optimal lebih baik perhatikan juga cara moms memasak agar kandungan dalam ikan tuna tidak berkurang. Gunakan bahan masakan yang organik dan sehat seperti menggoreng dengan margarin low fat atau olive oil.

2. Daging

Daging ayam dan daging sapi merupakan sumber protein hewani yang baik untuk tumbuh kembang anak. Daging yang bermanfaat membantu tumbuh kembang anak ialah daging tanpa lemak. Daging tanpa lemak memiliki zat besi serta protein yang tinggi. Zat besi sendiri adalah sumber energi yang memberikan kekebalan tubuh serta penopang kecerdasan anak.

3. Susu

Susu merupakan salah satu minuman yang banyak mengandung kalsium. Kalsium sendiri diperlukan untuk pertumbuhan dan pembentukan tulang dan gigi. Susu juga sumber protein dan lemak yang melengkapi nutrisi bagi anak-anak. Disarankan untuk memberikan susu pada anak secara rutin.

4. Telur

Makanan yang sering dijumpai dan mudah ditemukan serta memiliki kandungan vitamin, protein, zat besi dan mineral. Kandungan pada kuning telur seperti kolin sangat dibutuhkan untuk menjaga organ vital seperti jantung, hati dan otak. Untuk lebih mengoptimalkan kandungan telur lebih baik moms cukup merebus telur sehingga kandungan vitaminnya tetap terjaga dan tidak rusak. Moms juga dapat memberikan telur kepada anak-anak secara rutin.

5. Sayuran

Makanan terbaik yang dapat moms berikan pada anak-anak ialah sayuran. Tingginya kandungan serat, vitamin dan mineral bermanfaat membantu pertumbuhan anak moms. Sebaiknya moms memberikan beragam jenis sayuran untuk mengoptimalkan masa pertumbuhan.

6. Kacang-Kacangan

Kacang memiliki kandungan antioksidan dan vitamin E yang menunjang pertumbuhan dan perkembangan anak. Vitamin E merupakan zat pembentuk sel darah merah serta penangkal berbagai penyakit. Namun, moms sebagai orang tua harus waspada sebab beberapa anak-anak lahir memiliki alergi terhadap kacang-kacangan.

7. Buah-buahan

Buah-buahan banyak mengandung vitamin seperti vitamin A dan C. Vitamin yang terkandung seperti vitamin C berfungsi sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas. Selain itu, buah-buahan sangat mudah untuk diberikan kepada anak-anak serta tanpa proses pemasakan. Disarankan untuk memberikan anak-anak buah setiap selesai makan.

Moms banyak anak-anak suka pilih-pilih makanan sehingga moms harus pandai menyiasati serta kreatif dalam menyajikan makanan. Atau moms juga dapat memberikan kapsul yang dapat moms tabur ke atas makanan anak-anak.

Kapsul yang dimaksud ialah vitamin pembantu untuk melengkapi vitamin dan zat yang bermanfaat untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak, terlebih anak-anak yang rewel makan. Moms juga dapat mengkreasikan bentuk makanan layaknya bento jepang yang terkenal imut dan berbentuk karakter kesukaan.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE