7 Manfaat Metode Perawatan ala Kangguru untuk Bayi Prematur

Pada kondisi kelahiran prematur, kelahiran bayi sebelum menginjak usia 37 minggu di dalam kandungan, bayi rentan terkena gangguan kesehatan. Maka ada metode perawatan kangguru yang aman untuk dipraktikkan dan bahkan dapat berfungsi selayaknya berada di inkubator. Metode perawatan kangguru sendiri adalah bayi premature hanya memakai penutup kepal dan popok dan dibaringkan di atas dada bunda atau ayah. Kemudian bayi diselimuti lagi dengan durasi yang beragam sekitar 1-3 jam.

perawatan bayi prematur ala kangguru

Dikutip dari situs alodokter, ternyata ada 7 manfaat dari metode perawatan ala kangguru ini bagi bayi prematur, apa saja? Simak ulasan berikut, ya, Bunda!

1. Meningkatkan suhu tubuh

Beberapa penelitian membuktikkan bahwa suhu tubuh Bunda dapat menyesuaikan suhu tubuh yang diperlukan bayi. Bila bayi premature ini merasa kepanasan, maka suhu tubuh Bunda otomatis berkurang satu derajat Celsius. Namun bila kedinginan, suhu tubuh Bunda bisa naik dua derajat Celsius. Menariknya, menurut seorang ahli kandungan mengatakan bahwa fungsi tubuh alami bunda sangat bermanfaaat bagi bayui.

2. Kenaikan berat badan yang cepat

Bayi yang tidur lebih nyenyak karena metode ini, membuat energinya bisa disalurkan untuk memperbaiki fungsi tubuh secara keseluruhan. Sehingga bayi akan lebih cepat bisa dibawa pulang karena berat badannya sudah naik.

3. Bayi tidur lebih nyenyak

Metode ini bisa membuat bayi lebih nyaman dan lebih jarang terbangun tiba-tiba saat tidur. Selain itu metode perawatan bayi kangguru dapat meningkatkan waktu tidur bayi.

4. Sistem pernapasan dan jantung yang lebih sehat

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa mengaplikasikan metode perawatan kangguru dapat memperbaiki system pernapasan bayi dan bisa membuat bayi premature lepas dari alat bantu pernapasan lebih dini. Selain itu, detak jantung bayi lebih teratur dengan metode ini disbanding dengan bayi yang tidak mengaplikasikan metode perawatan ke=angguru ini.

5. Bayi lebih banyak menyusui

Kontak kulit lebih dari 50 menit membuat bayi cenderung menyusui secara spontan. Posisi dari metode perawatan kangguru ini memudahkan bayi untuk menyusu pada Bunda sekaligus memicu pengeluaran ASI. Ingat bahwa ASI sangat penting bagi bayi premature karena dapat menurunkan resiko infeksi, gangguan pencernaan dan masalah pertumbuhan bayi premature>

6. Daya tahan tubuh yang lebih baik

Metode perawatan kangguru dapat menurunkan resiko yang biasanya dibawa pada bayi yang lahir premature. Resiko-resiko yang bisa dikurangi dengan metode ini seperti bayi rentan infeksi, alergi dan masalah imunitas lainnya.

7. Lebih tahan terhadap rasa sakit

Tubuh bayi akan mengalami stimulasi pada berbagai bagian tubuh ketika bayi prematur merasakan detak jantung, pernapasan, dan kehangatan tubuh Bunda, termasuk membentuk kemampuan untuk menoleransi rasa sakit. Pada bayi prematur yang terlahir pada usia kehamilan 28-36 minggu, metode kanguru terbukti efektif mengurangi respons rasa sakit.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE