7 Manfaat Penting Sarapan untuk Anak Sebelum Berangkat Sekolah

September 28th, 2017

Sarapan kadang sering dilewatkan oleh anak-anak. Ada banyak hal yang membuat anak-anak melewatkan sarapan, salah satunya takut terlambat, meniru kebiasaan orang tua, tidak disiapkan orang tua dan lain-lain.

manfaat anak sarapan

Tapi,moms tahukah Anda jika dibalik sarapan terdapat banyak manfaat? Selain memberikan nutrisi dan energi untuk menjalani aktivitas sehari-hari, sarapan juga bermanaat untuk perkkembangan tubuh serta kecerdasan otak loh!, moms.

Manfaat sarapan untuk anak

1. Menambah energi

Sarapan harus dimulai dengan makanan yang mengandung banyak serat dan nutrisi. Makanan tersebut dapat mengoptimalkan energi yang dapat digunakan untukmenjalani aktivitas sehari-hari. Moms,tak perlu selalu menggunakan makanan yang mengandung karbohidrat sebab jika terlalu banyak maka anak-anak cepat kenyang dan malah merasa malas menjalani aktivitasnya.

2. Mengontrol berat badan anak

Anak-anak yang sering melewatkan sarapan cenderung mudah lapar. Dan ketika istirahat di sekolah, anak-anak lebih suka memakan camilan daripada makanan berat seperti nasi atau roti. Jika anak-anak sering memakan kudapan ringan, akan membuat anak ketagihan dan justru akan membuat anak-anak menambah berat badannya dengan cepat.

3. Meningkatkan konsentrasi anak

Sudah banyak penelitian akan manfaat sarapan untuk anak-anak. Salah satunya ialah meningkatkan konsentrasi belajar. Sarapan dapat membuat anak-anak merasa bugar sehingga mempengaruhi konsentrasi belajar di sekolahnya.

4. Menstabilkan emosi/mood

Menurut penelitian, ternyata emosi atau mood dapat dipengaruhi oleh sarapan. Anak-anak yang cenderung tidak sarapan memiliki tingkat emosi yang tidak terkontrol.

5. Hemat

Tak diragukan lagi anak-anak yang sarapan di pagi hari ketika istirahat di sekolahnya jarang makan sebab masih merasa kenyang. Hal ini memiliki nilai positif sebab anak-anak dapat menghemat uang sakunya.

6. Meningkatkan kemampuan otak

Sarapan tidak hanya baik untuk kesehatan,namun juga baik untuk kecerdasan otak. Anak-anak yang sarapan memiliki kemampuan mengingat dan berfikir yang tinggi. Hal ini disebabkan dari sarapan harus ada nutrisi yang baik untuk otak.

7. Menyehatkan tubuh

Sarapan dapat mengurangi resiko penyakit jantung dan diabetes pada anak. Sarapan dapat memberikan perlindungan dari dalam tubuh untuk melawan berbagai penyakit yang datang. Sehingga moms wajib membudayakan sarapan pada anak-anak.

Yakinkan anak moms untuk mengawali harinya dengan sarapan, jangan sampai anak-anak mengawali harinya dengan perut kosong. Tetapi, moms wajib memberikan anak-anak sarapan yang kaya nutrisi sehingga makanan tersebut dapat dicerna tubuh menjadi energi untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

Komentar

BACA JUGA