7 Manfaat Tidur Siang Untuk Tumbuh Kembang Anak yang Mengagumkan

Menjaga kesehatan anak tak cukup hanya dengan memeperhatikan pola makan sehat namun juga harus dibarengi dengan pola hidup yang sehat. Salah satu pola hidup sehat ada olahraga. Ajarkan anak berolahraga ringan dan menyenangkan seperti bersepeda atau jogging. Selain itu pola hidup sehat yang tak boleh dilewatkan ada tidur.

Tidur adalah aktivitas penting dalam menjaga kesehatan anak. Uahakan anak mendapat tidur yang cukup dan sesuai kebutuhan usianya. Tidur tidak hanya pada malam hari, tidur siang juga dibutuhkan oleh anak-anak untuk tumbuh kembangnya.

manfaat tidur siang untuk anak

Pola tidur anak berubah sesuai berjalannya usia, semakin usia berambah kebutuhan tidur akan semakin berkurang dan banyak melakukan berbagai aktivitas. Apakah Anda tahu, bahwa tidur siang bagi anak-anak memiliki banyak manfaat?

Berikut manfaat tidur siang bagi anak:

1. Mengoptimalkan pertumbuhan anak

Ketika anak tidur siang, hormon pertumbuhannya akan lebih optimal mengalir dalam darahnya. Hormone pertumbuhan ini diproduksi oleh otak anak dimana hormone ini membantu proses pertumbuhan dibantu dengan hormon gondok, tulang, otot, ginjal, dan sebagainya.

2. Tidur siang membantu anak lebih bahagia

Tidur siang bagi anak, dapat menghilangkan stress dan membuat anak yang sering tidur siang terlihat ceria. Oleh sebab itu, biasakan si kecil untuk mendapatkan kualitas tidur yang cukup dan ajarkan anak untuk selalu beristirahat di siang hari walau hanya sebentar.

3. Anak mampu memproses informasi yang ia dapatkan

Ketika anak sering tidur siang tentu tak akan merasa mengantuk sehingga dalam proses belajar, anak dapat menerima informasi dan memprosesnya dengan baik. Dengan demikian anak juga akan mampu mengaplikasikan informasi yang ia terima setiap harinya dengan baik.

4. Mencegah penyakit dalam tubuh

Apabila anak kurang tidur maka penyakit akan mudah menyerang anak-anak. Hal ini disebabkan metabolism tubuhnya terganggu, dengan begitu daya tahan tubuhnya akan melemah.

5. Mengistirahatkan tubuh

Anak-anak banyak melakukan kegiatan aktif di sekolahnya sehingga ketika siang hari, ia akan merasa kelelahan. Cara terbaik untuk mengistirahatkan tubuh yakni dengan tidur siang, dimana ketika anak bangun tubuhnya akan merasa segar dan lebih nyaman.

6. Memperbaiki mood anak

Anak yang jarang tidur siang biasanya cenderung lebih rewel, mudah cemas dan cengeng. Ini karena tubuhnya merasa tidak nyaman, kelelahan dan stress. Anak juga biasanya sulit diatur, serba salah dan cepat marah.

7. Meningkatkan kreativitas anak

Anak-anak yang aktif tidur siang mampu menciptakan ide baru dan kreasi yang luar biasa. Anak yang aktif tidur siang cenderung lebih baik dalam menciptakan ide dan karya yang luar biasa, tentu hal ini sangat bermanfaat bagi anak.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE