7 Penyebab Keguguran Hamil Muda yang Wajib Diketahui Orang Tua

October 30th, 2017

Ada banyak penyebab keguguran hamil muda. Hamil muda sangat rentan akan keguguran. Keguguran nyatanya tidak terjadi pada hamil muda saja, ibu hamil dengan usia kehamilan dibawah 22 minggu juga rentan keguguran.

Ibu hamil dengan kehamilan pertama wajib memahami penyebab keguguran. Berikut berbagai faktor yang bisa menyebabkan ibu hamil muda mengalami keguguran.

keguguran hamil muda

1. Kondisi Rahim Yang Lemah

Ibu hamil dengan kondisi rahim yang lemah akan kesulitan ketika masa hamil. Hal ini karena dinding rahim terlalu lemah untuk menopang berat embrio. Oleh sebab itu, wanita dengan kondisi seperti ini wajib berkonsultasi dengan dokter dan disarankan beristirahat total dan tidak banyak bergerak saat kehamilan di bawah usia 22 minggu.

2. Kehamilan Yang Tidak Diketahui

Kehamilan yang tidak diketahui sering kali kita dengar. Banyak ibu hamil yang baru sadar ketika usia kehamilan menginjak 3 bulan. Jika ibu hamil tidak tahu kalau dirinya hamil, bisa saja ibu hamil melakukan hal-hal yang dapat membuat dirinya keguguran.

Sebaiknya test secara dini ketika sudah terlambat datang bulan. Dengan melakukan test, ibu hamil dapat menerapkan hidup sehat dan menghindari kegiatan yang dapat menyebabkan keguguran.

3. Menderita Penyakit Tertentu

Sebaiknya sebelum merencanakan pernikahan atau kehamilan, wanita sebaiknya memeriksakan dirinya. Apakah kondisi rahimnya sehat, sel telurnya bagus dan tentunya apakah wanita tersebut memiliki penyakit tertentu.

Banyak penyakit yang tidak dapat terdeteksi secara kasat mata, sedangkan penyakit itu berpengaruh pada rahim wanita dan juga janin. Penyakit yang dapat menyebabkan keguguran ialah penyakit tokso dan rubella.

4. Usia

Wanita dengan usia diatas 30 tahun rentan mengalami keguguran. Menurut penelitian wanita yang melahirkan diatas usia 30 tahun memiliki kemungkinan kelainan ketika anak lahir seperti down syndrom dan kelainan kromosom.

Remaja di bawah usia 20 tahun yang hamil juga rentan mengalami keguguran. Hal ini disebabkan rahim belum siap menerima kehamilan serta belum kuat menopang embrio. Resiko wanita yang hamil dibawah usia 20 tahun yakni kelahiran prematur, hipertensi saat hamil, toksemia dan plasenta preria.

5. Jarak Kehamilan Yang Dekat

Wanita yang jarak kehamilan pertama dan kedua terlalu dekat dapat menyebabkan keguguran. Hal ini terjadi karena kondisi rahim belum pulih benar. Untuk persalinan normal minimal 1 tahun setelah melahirkan sedangkan persalinan caesar, disarankan minimal 2 tahun setelah melahirkan.

6. Gaya Hidup

Gaya hidup tidak sehat yang dilakukan wanita akan memicu keguguran 2x lipat dibandingkan waniya yang menerapkan pola hidup sehat. Gaya hidup yang menyebabkan keguguran adalah merokok, mengkonsumsi alkohol, begadang setiap hari dan mengkonsumsi obat-obatan.

7. Pernah Keguguran

Wanita yang pernah mengalami keguguran akan rentan mengalami keguguran kembali. Hal ini dikarenakan kondisi fisik dan rahim mendukung untuk terjadinya hal tersebut. Disarankan Anda untuk berkonsultasi pada dokter dan ceritakan secara detail jika Anda pernah mengalami riwayat keguguran sebelumnya.

Komentar

BACA JUGA
  • Terbaru
  • Terpopuler
anak doyan dandan

Anak Doyan Berhias? Ini Hal yang Harus Dilakukan Orang Tua

Berdandan cantik merupakan aktivitas yang sering dilakukan ...
bahaya kucing ibu hamil

Buat Para Ibu Hamil, Perhatikan Nih 7 Bahaya Dekat-Dekat Kucing!

Kucing merupakan hewan yang banyak berkeliaran di sekitar ...
anak multi bahasa

Ingin Mendidik Anak dengan Komunikasi Dua Bahasa? Ikuti 5 Tips Berikut!

Anak kecil atau usia balita yang dapat berkomunikasi dengan ...
minuman ibu hamil

Penting! Minuman yang Boleh dan Tidak Boleh Dikonsumsi Ibu Hamil

Sebagai Ibu yang baik pasti akan memberikan yang terbaik ...
kantung mata anak

4 Tips Ampuh Menghilangkan Kantung Mata pada Anak

Tak hanya orang dewasa, kantung mata juga bisa terjadi pada ...
penyakit kulit anak

6 Penyakit Kulit Pada Anak yang Perlu Diwaspadai

Sebagai orang tua yang selalu waspada dengan kesehatan si ...
cara mengajari anak menghitung

Cara Mudah dan Efektif Mengajarkan Anak Menghitung

Tak semua anak berbakat dalam mengusai matematika. Tetapi ...