7 Persiapan yang Harus Dilakukan oleh Orang Tua Baru

September 27th, 2017

Bagi setiap pasangan, kehadiran bayi merupakan hal yang ditunggu-tunggu. Apalagi, tak semua pasangan memperoleh anugerah berupa anak. Oleh karena itu, setiap pasangan yang bakal menjadi orang tua baru pun harus menyediakan hal yang terbaik untuk kedatangan anggota baru dalam keluarga.

persiapan kedatangan bayi orang tua baru

Lalu, bagaimana cara orang tua baru dalam menghadapi kelahiran bayi pertama? Setidaknya, ada 7 hal yang harus Anda perhatikan, yakni:

1. Perlengkapan bayi

Hal ini menjadi persiapan utama bagi para orang tua baru. Bahkan, tak jarang hal ini dilakukan oleh para orang tua baru secara berlebihan. Namun, hal itu cukup wajar. Paling tidak, bunda bisa menyiapkan perlengkapan seperti baju bayi, popok, tempat tidur, serta perlengkapan mandi.

2. Belajar cara menyusui

Bagi seorang ibu, memberi ASI kepada bayi merupakan sebuah anugerah tersendiri. Apalagi, tak jarang seorang wanita mengalami masalah ASI yang tidak lancar. Oleh karena itu, tidak ada salahnya bunda mempelajari cara menyusui anak. Tidak ketinggalan, bunda juga bisa mencari tips bagaimana melancarkan ASI.

3. Merencanakan keuangan

Hal ini memang terlihat sepele. Namun, kalau terlewat, dampaknya bisa sangat besar. Apalagi, bunda pasti akan merasakan perbedaan drastis antara kondisi keuangan sebelum dan sesudah memiliki bayi. Jangan mengira pengeluaran untuk perlengkapan bayi itu sedikit, ya…

4. Persiapkan cuti

Cuti hamil dan melahirkan merupakan hak untuk setiap wanita yang bekerja di sebuah perusahaan. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mempersiapkan pengajuan cuti kepada HRD perusahaan.

5. Belajar dari orang tua yang sudah berpengalaman

Mempelajari berbagai hal terkait pengasuhan bayi bisa menjadi topik yang dapat dilakukan di mana saja. Terutama, ketika berhadapan dengan mertua. Bunda bisa meminta tips-tips berdasarkan pengalaman masa lalu. Selanjutnya, menjadikan pengetahuan tersebut sebagai landasan untuk mengasuh bayi kelak.

6. Menentukan pola asuh

Hal ini cukup krusial, terutama bagi ibu yang memilih bekerja. Saat cuti habis, maka si kecil akan diasuh siapa? Nah, untuk itu, bunda harus menyiapkan tetek bengek terkait hal ini secara menyeluruh. Tidak ada salahnya untuk menggunakan tenaga pengasuh bagi si kecil.

7. Pastikan untuk selalu fokus pada si kecil

Terakhir dan tidak kalah pentingnya adalah, pastikan untuk tetap fokus saat berada di dekat si kecil. Terutama, saat bunda dalam masa cuti. Momen ini pun menjadi sarana bagi bunda untuk mendekatkan hubungan emosional dengan bayi.

Komentar

BACA JUGA