7 Pilihan Makanan yang Terbukti Efektif Melancarkan ASI untuk Ibu Menyusui

ASI adalah asupan utama yang mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan oleh bayi. ASI akan sangat efektif jika dikonsumsi intensif selama kurang lebih 6 bulan akan tetapi adapula ibu yang menyusui ekslusif selama 2 tahun.

Waktu terbaik menyusui ialah setelah lahir hingga beberapa bulan setelah kelahiran. Akan tetapi, pemberian ASI terkadang memiliki kendala salah satunya produksi ASI yang sedikit hingga susah keluar. Anda tak perlu khawatir sebab ASI dapat kembali lancar apabila Anda rajin menkonsumsi makanan yang memperlancar ASI di bawah ini:

makanan melancarkan asi

1. Pepaya

Semua bagian pohon pepaya dapat memperbanyaj ASI mulai dari buah, bunga hingga daun. Dalam buah, bunga dan daun pepaya terdapat vitamin A, vitamin C, mineral serta enzim papain yang mampu memperlancar ASI.

2. Daun Katuk

Orang tua jaman duku percaya jika daun katuk dapat meningkatkan produksi ASI. Daun katuk rasanya pahit, sehingga Anda wajib mengolahnya dengan benar agar tak terasa pahit.

3. Bayam

Bayam baik untuk pembentukab sel darah merah ibu yang sedang menyusui. Selain itu, kandungan vitamin B6 dapat meningkatkan daya tahan tubuh pada bayi.

4. Wortel

Wortel memiliki kandungan vitamin A yang tinggi. Dengan meminum satu gelas jus wortel sebelum makan siang, ibu dapat memproduksi ASI pada sore harinya.

5. Kemangi

Daun kemangi memiliki kandungan enzim phytoestrogens yang dapat memproduksi ASI berlimpah. Selain itu kemangi dapat menenangkan, meningkatkan gerakan usus sehingga mencegah sembelit dan meningkatkan nafsu makan.

6. Sayur merah

Sayur yang berwarna merah mampu memproduksi ASI melimpah. Sayur merah kaya akan beta karoten yang baik untuk mata serta memperlancar produksi ASI.

7. Bawang putih

Selain terkenal sebagai bumbu dapur, bawang puyih memiliki banyak manfaat kesehatan. Bawang putih lebih kaya manfaat apabila dikonsumsi mentah. Bawang putih mentah dapat memperlancar ASI. Selain itu bawang putih bagus untuk mengatasi hipertensi selama masa kehamilan.

Makanan diatas dapat dengan mudah dicari sehingga para ibu tak perlu khawatir akan produksi ASI yang sedikit. Anda dapat menkonsumsi secara rutin makanan diatas sehingga manfaatnya dapat Anda rasakan maksimal.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE