7 Pola Pengasuhan Anak yang Modern dan Efektif di Era Digital

Cara mendidik dan mengasuh anak di era sekarang sangat jauh berbeda dengan 10 atau bahkan 20 tahun ke belakang. Faktor utama yang membedakannya adalah kehadian internet di tengah-tengah anak. Internet bisa saja memberikan dampak positif bagi anak. Namun, dapat pula menghadirkan dampak negatif.

Oleh karena itu, orang tua harus memiliki pola pengasuhan dan pendidikan yang berbeda. Pola pengasuhan tersebut harus mengikuti era modern dan perkembangan teknologi saat ini. Menurut CEO Family Online Safety Institute (FOSI), Stephen Balkam seperti dikutip dari Republika, ada 7 pola pengasuhan modern yang harus diperhatikan para orang tua, yakni:

pola pengasuhan anak modern

1. Mengajak anak bicara

Komunikasi menjadi hal penting yang harus dilakukan oleh orang tua. Pastikan untuk menyempatkan waktu berkomunikasi dengan anak secara langsung. Di situ, bunda bisa mengajak anak mengobrol tentang berbagai hal.

2. Selalu belajar

Orang tua jangan malu untuk belajar dalam menggunakan teknologi terbaru. Bahkan, kalau mau, bunda bisa belajar secara langsung dari anak.

3. Memanfaatkan fitur parental control

Parental control menjadi fitur penting yang harus digunakan oleh orang tua untuk membatasi aktivitas anak di media online. Fitur ini berguna untuk melindungi anak dari konten yang tak sesuai usia anak.

4. Ada aturan dasar yang berlaku

Dalam keluarga, harus ada aturan mendasar terkait aktivitas yang boleh dan tak boleh dilakukan, baik di dunia nyata ataupun online. Dengan aturan dasar tersebut, anak bisa memperoleh arahan yang jelas dalam mengambil sikap.

5. Berinteraksi dengan anak di media sosial

Orang tua harus punya akun yang memungkinkannya untuk berinteraksi dengan anak. Tujuan akun tersebut bukan untuk memata-matai, tapi sebagai kontrol aktivitas anak selama di internet. Selain itu, orang tua tetap harus memperhatikan privasi anak.

6. Melakukan aktivitas positif secara online bersama anak

Bunda bisa memilih untuk melakukan aktivitas positif bersama anak selama di media sosial. Jangan sungkan untuk membagikan aktivitas yang telah dilakukan anak di dunia nyata ke media sosial.

7. Menjadi panutan dalam aktivitas di media digital

Terakhir, orang tua harus menjadi model serta panutan bagi anak. Utamanya adalah panutan ketika menggunakan perangkat teknologi. Misalnya, tidak menggunakan handphone ketika berkendara, meletakkan ponsel ketika makan, dan sebagainya.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE