7 Tips Mendidik Anak Agar Menjadi Pribadi yang Mandiri dan Bertanggung Jawab

September 19th, 2017

Mendidik anak menjadi mandiri sejak usia dini sangat diperlukan. Mandiri wajib ditanamkan sebab sikap mandiri sangat berguna dalam kegiatan sehari-hari si kecil agar tidak selalu bergantung pada orang lain. Sikap mandiri sendiri wajib dimiliki oleh setiap individu sebab di masa mendatang seseorang harus melakukan suatu kegiatan tanpa bantuan orang lain, terlebih dalam permasalahan yang sedang dihadapi.

anak mandiri

Meskipun anak-anak cenderung tidak memiliki masalah yang spesifik, namun sikap mandiri wajib dimiliki seorang anak sebab ada banyak kegiatan sehari-hari yang wajib dikerjakan sendiri meski masih kecil dan belum memiliki pengetahuan yang banyak. Yang menjadi factor utama sikap mandiri ialah rasa percaya diri. Oleh sebab itu, bunda wajib menanamkan sikap percaya diri kepada anak. Berikut beberapa cara agar menumbuhkan sikap percaya diri sehingga anak-anak menjadi mandiri:

1. Melatih toilet training. Toilet training adalah kegiatan yang sering kali membuat orang tua khawatir, sebab berhubungan dengan kamar mandi dan kebersihan yang belum tentu si kecil paham. Namun, Anda wajib mengajarkan pada si kecil untuk mengurus buang air besar maupun kecil.

2. Memberi tugas kepada anak untuk menjaga dan merawat barang-barang miliknya.

3. Melatih anak untuk memutuskan memilih pakaian sesuai acara dan waktu. Anda harus melatih anak-anak memilih sendiri pakaian yang ia kenakan serta member nasihat jika dirasa pakaian yang ia gunakan tidak sesuai acara atau waktu yang seharusnya.

4. Mengajari anak merawat diri sendiri. Segala sesuatu yang berasal dari diri sendiri wajib dijaga dan dirawat oleh diri sendiri sehingga ajarkan pada anak Anda akan pentingnya perawatan diri tanpa bantuan orang lain.

5. Mengajarkan anak menyelesaikan permasalahan sendiri terlebih jika berhubungan dengan teman-temannya. Berikan nasihat pula jika anak Anda melakukan kesalahan ajarkan untuk selalu mengatakan minta maaf.

6. Berikan pujian atas kemandiriannya. Anak-anak suka sekali diberi pujian sehingga untuk menambah rasa percaya diri Anda juga perlu memberinya reward berupa pujian.

7. Mendidik anak-anak untuk menabung. Menabung memiliki manfaat yang besar di masa mendatang. Sebaiknya Anda mengajarkan arti menabung dan apa manfaat yang didapat si kecil di masa mendatang.

Di atas adalah beberapa cara mendidik anak agar mandiri. Kemandirian muncul jika memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Anak-anak wajib diajarkan sikap mandiri, sebab di masa mendatang anak-anak tidak boleh hidup bergantung kepada orang lain.

 

Komentar

BACA JUGA