7 Tips Menjaga Pola Tidur yang Cukup dan Sehat saat Berpuasa

Bulan puasa bagi umat Islam merupakan bulan penting, yang di dalamnya banyak amalan dengan pahala melimpah. Oleh karena itu, umat Islam didorong untuk memperbanyak ibadah di bulan ini. Di sisi lain, kewajiban bekerja juga tidak boleh ditinggalkan.

Dalam kondisi seperti itu, bunda harus memastikan kalau seluruh anggota keluarga bisa menjalankan aktivitas harian, baik di tempat kerja ataupun ibadah, secara seimbang. Secara khusus, bagi bunda yang memilih bekerja di kantor, usahakan untuk menjaga pola tidur yang cukup dan sehat.

pola tidur waktu puasa

Ada 7 tips yang dapat bunda ikuti kalau ingin punya waktu tidur dan istirahat yang cukup dan berkualitas selama bulan Ramadhan, yakni:

1. Memajukan waktu tidur
Tips pertama, bunda perlu memajukan waktu tidur. Misalnya, biasa tidur jam 10, usahakan untuk sudah berada di tempat tidur ketika jam 9. Dengan begitu, bunda bisa punya waktu tidur lebih banyak dan menurunkan risiko ngantuk di siang hari.

2. Menyempatkan tidur setelah sahur
Tidur sesudah makan sahur memang tidak baik. Hanya saja, itu berlaku kalau dilakukan secara langsung setelah sahur. Sebagai gantinya, bunda bisa mengatur agar punya waktu tidur barang sejam atau dua jam setelah menjalankan salat subuh.

3. Curi waktu tidur di tengah kesibukan
Bunda juga bisa mencoba untuk menyempatkan waktu tidur di tengah kesibukan di tempat kerja. Misalnya, ketika berada di atas kereta. Tidur di sela-sela kesibukan ini memang tak banyak, paling sekitar 5-10 menit. Namun, waktu singkat itu sudah cukup untuk mengurangi stres yang bunda alami.

4. Jaga pola makan
Bunda juga harus lebih memperhatikan makanan yang disantap. Secara khusus, makanan yang dimakan ketika menjelang waktu tidur. Usahakan untuk tidak mengonsumsi makanan berat. Konsumsi makanan berat sebelum tidur sangat berbahaya karena bisa memicu terjadinya stroke.

5. Ciptakan lingkungan tidur yang nyaman

Tips berikutnya, bunda harus berupaya untuk meningkatkan kualitas tidur. Harapannya, dengan tidur yang berkualitas, tidur singkat bisa secara maksimal membuat tubuh segar kembali. Salah satunya adalah dengan mengusahakan lingkungan tidur yang nyaman.

Ada beberapa hal yang bisa bunda lakukan untuk mendapatkan hal ini. Pertama, hindarkan diri dari perangkat elektronik. Usahakan juga memakai penerangan yang redub. Selain itu, bunda juga bisa mencoba yoga ringan atau berendam air hangat sebelum tidur.

6. Rutin berolahraga selama puasa
Puasa tidak harus menghentikan aktivitas olahraga rutin yang bunda lakukan. Waktu terbaik untuk menjalankan olahraga adalah di pagi hari. Tak butuh waktu lama, cukup sekitar 5-10 menit. Namun, kalau tidak memungkinkan, bunda bisa mencoba untuk berolahraga di sore hari.

7. Tidak membedakan pola tidur di hari kerja dan akhir pekan

Terakhir, bunda juga tidak boleh membedakan pola tidur ketika berada di hari kerja dan akhir pekan. Sebagai gantinya, isi waktu di akhir pekan untuk aktivitas yang lebih dekat dengan keluarga. Selain itu, bunda juga bisa memilih untuk mengisi waktu libur akhir pekan dengan beragam ibadah di bulan puasa, seperti salat ataupun mengaji.

Dengan mengikuti 7 tips tersebut, bulan puasa tetap bisa bunda jalankan dan kerjaan di kantor juga tidak terganggu. Semoga bermanfaat.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE