7 Tips Penting Proses Melahirkan Normal Tanpa Menimbulkan Jahitan

April 13th, 2018

Sejatinya, proses persalinan normal bisa dilakukan tanpa harus menimbulkan jahitan. Namun, pada kenyataannya, jahitan pada proses persalinan dibutuhkan karena terjadinya robekan atau guntingan pada area kewanitaan. Dalam ilmu medis, robekan ini disebut dengan episiotomi.

Episiotomi dilakukan oleh dokter untuk melancarkan proses jalan lahir bagi bayi. Pada saat terjadinya episiotomi, dokter sudah memberikan anestesi lokal, sehingga tidak menimbulkan rasa sakit.

persalinan normal tanpa jahitan

Namun, bunda juga bisa meminimalkan terjadinya episiotomi yang dilakukan oleh dokter. Caranya, bisa mengikuti beberapa tips berikut:

1. Persiapan yang cukup

Persiapan cukup menjadi hal yang penting. Dalam proses persiapan ini, bunda bisa mencoba pijatan prenium. Pijatan ini biasanya dilakukan ketika kehamilan memasuki akhir trimester ketiga. Selain itu, ada pula senam kegel yang dilakukan dengan tujuan untuk melatih otot pada lubang pengeluaran bayi.

2. Memilih lokasi yang tepat

Tips berikutnya agar bisa menjalani proses persalinan tanpa jahitan adalah dengan memilih lokasi yang tepat. Lokasi persalinan yagn tepat memberi kenyamanan dan memungkinkan bunda untuk bergerak secara bebas. Tidak kalah pentingnya, tempat yang nyaman juga bisa menimbulkan perasaan relaks kepada bunda.

3. Jaga kesehatan agar tidak terlalu lelah

Bunda juga perlu menjaga kesehatan tubuh, terutama ketika mendekati waktu persalinan. Hindari aktivitas yang membutuhkan energi besar, misalnya mengangkat beban berat. Sebagai gantinya, bunda juga perlu memperoleh asupan nutrisi yang seimbang dan pasokan energi yang cukup.

4. Lakukan olahraga untuk latihan otot

Olahraga kecil juga menjadi tips penting agar bunda bisa melaksanakan proses persalinan normal tanpa jahitan. Olahraga itu bisa bunda lakukan ketika memasuki trimester akhir. Olahraganya beragam, misalnya dengan gerakan kepala, dahi, dan hidung yang menyentuh permukaan lantai.

5. Aromaterapi

Memberi rasa nyaman juga merupakan hal yang penting. Oleh karena itu, aromaterapi bisa menjadi pilihan. Aromaterapi akan memberi rasa tenang dan membuat bunda jadi lebih relaks ketika menjalani persalinan.

6. Minyak zaitun dan alpukat berguna untuk peregangan otot dan kulit

Sebelum proses persalinan, usahakan bunda banyak mengonsumsi alpukat serta minyak zaitun. Kedua bahan alami ini berguna untuk membantu peregangan kulit secara alami. Selain itu, raspberry dan teh juga bisa membantu karena membuat kontraksi otot jadi lebih produktif.

7. Usahakan untuk tak mengangkat bokong

Terakhir, jangan mengangkat bokong ketika proses persalinan. Aktivitas ini malah akan membuat adanya robekan pada jalan lahir bayi.

Demikianlah tips yang bisa bunda terapkan kalau ingin menjalani proses persalinan normal tanpa jahitan. Selamat mencoba, ya.

Komentar

BACA JUGA