Air Nabeez, Air Rendaman Buah Kurma dengan Khasiat Kesehatan yang Istimewa

Buah kurma menjadi jenis makanan sehat yang mengandung banyak nutrisi. Nah, terkait buah yang satu ini, ada banyak cara yang bisa dipakai untuk mengonsumsinya. Salah satunya adalah berupa air nabeez yang dibuat dari rendaman air buah kurma. Memasuki bulan puasa, konsumsi air nabeez menjadi kebiasaan yang sering dilakukan oleh umat Islam di berbagai kota di Indonesia.

Kebiasaan minum air nabeez ini dilakukan ketika sahur atau bisa pula saat berbuka puasa. Prinsip meminum air yang satu ini memiliki kemiripan engan infused water. Hanya saja, alih-alih menggunakan buah-buahan lain, buah kurma berkualitas terbaik menjadi jenis buah yang direndam. Caranya juga mudah, cukup merendam daging kurma ke air matang dengan wadah yang tertutup selama 8-12 jam.

khasiat air nabeez

Bunda bisa mencoba untuk membiasakan meminum air rendaman kurma ini di keluarga masing-masing. Caranya, bisa membuat rendaman air ketika sahur. Selanjutnya, saat memasuki buka puasa, bunda bersama keluarga dapat meminum air nabeez secara bersamaan. Rasanya manis disertai dengan daging kurma yang sudah memiliki tekstur lembut.

Khasiat Air Nabeez Infused Water Buah Kurma

Lalu, apa saja khasiat yang bisa didapatkan dari rendaman daging buah kurma ini? Ternyata, cukup banyak. Berikut ini 5 khasiat yang dapat bunda peroleh ketika membiasakan meminum air nabeez:

1. Detoksifikasi tubuh
Air nabeez merupakan air alkali. Meminum air nabeez, memberi kesempatan tubuh untuk menyeimbangkan kandungan asam. Alhasil, keberadaannya bisa menghilangkan beragam racun yang ada dalam tubuh. Di waktu yang sama, keberadaannya juga berguna menjaga sistem pencernaan.

2. Menstabilkan tekanan darah
Khasiat berikutnya dari air nabeez adalah kemampuannya dalam menstabilkan tekanan darah. Kemampuan ini bisa diperoleh karena air nabeez memiliki kandungan kalium yang tinggi. Ketika tubuh kurang kalium, mudah lelah yang berakibat pada kondisi tekanan darah serta kinerja jantung.

3. Menghilangkan kolesterol jahat
Konsumsi air nabez membuat peminumnya memiliki pikiran yang tajam. Keberadaannya dalam tubuh juga berguna untuk menghilangkan kolesterol jahat. Apalagi, air ini memiliki kandungan serat yang berguna mengatasi masalah sembelit.

4. Cocok dikonsumsi ibu hamil
Konsumsi air nabeez juga menjadi pilihan tepat bagi para ibu hamil. Minum air ini, ibu hamil bisa merasakan manfaatnya dalam memperkuat otot pada rahim. Selain itu, aktivitas minum air nabeez juga berguna untuk meningkatkan kualitas ASI.

5. Peningkatan daya tahan tubuh
Terakhir, air nabeez yang memiliki kandungan zat besi tinggi berguna dalam menjaga ketahanan tubuh dari penyakit. Keberadaan zat besi pada air rendaman kurma ini berguna untuk menjaga stabilitas metabolisme protein, produksi hemoglobin, serta sel darah merah.