Ajak Anak Bermain Seni Lipat Origami Yuk! Edukatif dan Melatih Kreativitas

April 21st, 2018

Banyak pilihan permainan yang bisa bunda ajarkan kepada si kecil. Permainan tersebut tentu saja haruslah permainan yang edukatif. Salah satu contohnya adalah dengan mengajak si kecil bermain seni lipat kertas alias origami.

Dari permainan sederhana ini, si kecil akan memperoleh banyak manfaat. Apalagi, permainan origami tidak hanya bisa dilakukan oleh anak, tapi juga bermanfaat bagi orang dewasa. Karena itu, bunda perlu mengajak si keci bermain origami bersama.

origami anak

Origami Melatih Anak Fokus Dalam Mengikuti Arahan

Bermain origami bersama anak, memberi manfaat agar anak bisa melatih fokus pikiran. Ketika mencoba membentuk sebuah benda dengan kertas, anak mau tidak mau akan mendengarkan arahan. Untuk memudahkan, bunda bisa menggunakan video origami yang bisa dicari di YouTube.

Dari arahan yang dilontarkan oleh video, bunda bersama si kecil bisa mengikutinya tahap demi tahap. Dari sini, anak akan bisa memperoleh kesabaran dan ketelatenan untuk mengikuti setiap arahan. Hal ini melatih mereka untuk mendengarkan penjelasan dari orang yang dianggap lebih ahli.

Origami Meningkatkan Kreativitas Anak

Mengajak anak bermain seni lipat kertas origami juga berguna untuk peningkatan kreativitas mereka. Pada awalnya, hasil karya origami si kecil mungkin akan terlihat sederhana. Namun, seiring dengan kebiasaan, bentuknya akan terlihat semakin lebih rumit dan kompleks.

Di waktu yang sama, anak juga akan memperoleh peningkatan imajinasi dalam pikirannya berkat aktivitas ini. Tak menutup kemungkinan, anak akan mencoba untuk berkreasi membuat origami dengan hasil imajinasinya sendiri.

Berikan Apresiasi Pada Hasil Karya Origami Anak

Ketika anak memperlihatkan hasil karya origaminya, bunda harus memperlihatkan apresiasi yang positif. Mungkin, hasil karya tersebut akan terlihat sederhana. Namun, apresiasi yang bunda perlihatkan bukan pada hasil, tapi pada proses yang dilakukan si kecil dalam menghasilkan karyanya.

Dari situ, si kecil akan melihat adanya penilaian positif yang didapatkan ketika dia berusaha. Hal ini akan mendorongnya untuk semakin banyak menghasilkan karya origami dengan bentuk yang lebih cantik dan imajinatif.

Dengan beragam manfaat yang bisa didapatkan, origami bisa menjadi langkah positif mendidik anak di rumah. Apalagi, origami bisa dilakukan dengan biaya yang murah. Selanjutnya, hasil karya si kecil juga bisa digunakan sebagai hiasan untuk kamar. Praktis, kan?

Komentar

BACA JUGA