Ajarkan Anak Belajar Puasa Ramadhan dengan Lebih Menyenangkan

puasaSebentar lagi bulan Ramadhan tiba, apa yang sudah Anda persiapkan? Makanan? Minuman? Atau asupan suplemen untuk keluarga Anda? dan bagaimana dengan si kecil? Hmmm, Anda sebaiknya mulai memperkenalkan ibadah bulan Ramadhan untuk buah hati Anda.

Tapi tentu Anda tidak bisa memaksakan anak Anda puasa full, yang wajib Anda lakukan adalah mulai memperkenalkan habbit bulan Ramadhan dan ibadah-ibadahnya, Anda bisa mulai dengan puasa setengah hari, dan jika bisa melewatinya, berikan anak Anda hadiah, menarik bukan?

Nah, mungkin plan-plan tersebut tidak mudah, karena proses dari ibadah puasa itu sangat panjang. Belum lagi selain ibadah puasa, ada ibadah dan amalan lain di bulan Ramadhan yang bisa Anda mulai kenalkan.

Hal yang perlu Anda tekankan pada anak Anda adalah berkah dari bulan Ramadhan itu sendiri adalah keutamaan bulan Ramadhan, Berikan sedikit pengetahuan mengenai keistimewaan bulan ini, di mana pahala dilipatgandakan, setan-setan dibelenggu dan rahmat untuk amalan-amalan baik lainnya,

Sebagai seorang anak, tentu sangat sulit membiasakan hal-hal yang baru bagi mereka, termasuk kebiasaan-kebiasaan baru saat Ramadhan yang hanya satu tahun sekali mereka rasakan. Nah berikut ini adalah tips-tips bagaimana membiasakan anak dalam aktivitasnya di bulan Ramadhan.

Puasa

Membiasakan anak berpuasa tidak bisa instant, perlu langkah demi langkah yang membutuhkan kesabaran Anda hingga puasa anak Anda sempurna atau full satu hari. Proses mengajari anak berpuasa setengah hari biasanya dimulai saat usia mereka duduk di bangku SD. Nah, ketika usia seperti ini, seperti yang dijelaskan di atas, Anda tak perlu memaksakan langsung full satu hari puasanya, namun setahap demi setahap. Anda tidak salah jika memberikannya hadiah ketika anak Anda berhasil melewatinya.

Sahur

Bagian proses ibadah puasa yang harus dilewati terlebih dahulu adalah sahur. Membangunkan anak saat sahur tentu tidak mudah. Ya, anak-anak wajar jika tidak bangun pada jam-jam dini hari. Untuk itu, sebelum anak Anda tidur, tekankan baik-baik kepadanya bahwa Anda akan membangunkan saat dini hari untuk membangunkan sahur, pasang alarm di kamar anak Anda karena mungkin saja anak akan lebih bersemangat dan bisa bangun sendiri. Untuk di hari-hari awal puasa, Anda bisa tidur bersama buah hati Anda agar buah hati Anda merasa ada kebersamaan dengan keluarganya untuk beribadah puasa.

Berbuka

Saat berbuka puasa adalah saat-saat yang dinantikan oleh semua orang, termasuk anak Anda. Sebelumnya, Anda bisa menanyakan apa makanan yang anak Anda inginkan saat berbuka, Anda bisa memasaknya. Berbuka biasanya dimulai dengan yang manis, belikan kue-kue manis untuk anak Anda.

Ketika berbuka puasa setengah hari, Anda sebaiknya membiasakan anak untuk makan secukupnya terlebih dahulu. dan Anda bisa menantangnya untuk berpuasa kembali hingga saat Maghrib tiba, ini bisa menjadi ajang belajar untuk berpuasa satu hari full.

Tarawih

Ibadah selanjutnya adalah Tarawih, ini menjadi tantangan tersendiri untuk anak Anda. Bagaimana tidak, membiasakan Shalat Fardhu saja sulit, apalagi dengan Shalat Tarawih yang jumlah rakaatnya banyak. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah mengajak mereka beribadah bersama, berjama’ah di rumah sendiri atau bersama-sama satu keluarga pergi ke masjid. Berikan sedikit kegiatan yang menyenangkan yang Anda lakukan bersama keluarga setelah Shalat Tarawih agar anak lebih bersemangat dalam melewatkannya.

Tilawah

Tilawah sangat dianjurkan ketika Ramadhan tiba. Untuk anak Anda, Anda bisa menargetkan dengan surat-surat pendek terlebih dahulu. Sesekali pakailah gadget yang terinstall Al Quran atau dengan permainan islami saat anak melakukan kegiatan tilawah, ini bisa membuat anak Anda lebih menyenangkan dalam melakukannya.

Pengajian

Pengajian biasanya akan lebih sering saat bulan Ramadhan. Anda bisa mengajak anak Anda saat mengikuti pengajian di masjid. Tapi tidak ada salahnya lho jika selama bulan Ramadhan ini Anda mengikutkan anak Anda program khusus Ramadhan seperti pesantren kilat di masjid-masjid sekitar rumah Anda, karena di sini lebih tepat karena tema pengajian pasti sesuai dengan anak Anda.

Amalan Lain

Amalan lain yang perlu dibiasakan adalah Shadaqah dan berbuat kebaikan kepada sesama. Tanamkan pada anak Anda kalau bulan Ramadhan adalah bulan yang istimewa, pahala akan dilipatgandakan ketika kita melakukan kebaikan,. Dengan ini, anak-anak Anda akan termotivasi untuk melakukan kebaikan, menarik ya?

Nah, itulah hal-hal yang bisa Anda lakukan untuk membiasakan anak Anda saat Ramadhan tiba. Bagi Anda yang punya pengalaman unik saat bulan Ramadhan bersama buah hati Anda, Anda bisa meninggalkan komentar di bawah artikel ii.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE