Akibat Orang Tua Membuatkan PR anak

July 22nd, 2013

orang tua kerjaan PR anakKewajiban orang tua adalah membimbing anak saat mereka belajar. Orang tua juga sebaiknya membantu jika si anak kesulitan saat mengerjaan PR mereka. Namun, membantu bukan berarti mengerjakan PR si anak sementara si Anak tidak memahami pelajaran dari PR tersebut. Karena tujuan guru memberikan PR  adalah si anak bisa belajar sambil memahami kembali pelajaran yang disampaikan di kelas sebelumnya.

Jika orang tua ikut mengerjakan PR si anak, akibatnya kecerdasan dan tingkat pemahaman anak tidak berkembang optimal. Selain ada beberapa dampak negatif lain berkaitan dengan perkembangan kepribadian anak menurut Anindita Budi kepada Kompas. Berikut ini dampak negatifnya:

1. Anak kurang menguasai kemampuan keterampilan dasar

Ketika si anak mendapat tugas rumah mengerjakan prakarya tujuannya adalah anak bisa memiliki keterampilan khusus yang berkaitan dengan perkembangan motorik mereka. Seperti halnya saat menggunakan peralatan prakarya gunting, pisau, penggaris, menggambar dengan pensil dan sebagainya.

Saat mendapat tugas ini, orang tua  sering khawatir si anak akan terluka, atau hasil prakaryanya tidak bagus sehingga mereka membantu mengerjakan tugas mereka dengan mengambil alih sebagian besar pekerjaan tangan si anak. Hal ini jika dibiarkan akan menjadi kebiasaan anak yang menyerahkan tugas prakarya pada orang tua sehingga kemampuan dasar keterampilan dan motorik mereka tidak bisa berkembang dengan baik.

3. Tidak percaya diri dengan kemampuannya

Kekhawatiran orang tua dan kebiasaan anak menggantungkan PR mereka pada orang tua menyebabkan anak merasa tidak yakin dengan hasil pekerjaannya saat mereka harus mengerjakan tugas itu sendiri. Apalagi jika orang tua terlalu sering mengkritik hasil tugas anak, tidak berusaha memberikan pengarahan mana yang baik dan mana yang buruk membuat anak harus selalu dibantu agar ia yakin tugasnya selesai dengan sempurna.

3. Anak tidak menyukai tantangan cenderung menyerah sebelum mencoba

PR bertujuan untuk memberikan latihan agar anak mampu menyelesaikan permasalahan secara mandiri dan memahami kandungan pelajaran di dalamnya. Kebiasaan orang tua yang suka mengerjakan PR anak akan membentuk karakter anak yang mudah menyerah. Ia akan memandang PR atau tugas di hadapannya sulit dan solusinya menyerahkan penyelesaian tersebut pada orang tua.

Hal yang sebaiknya dilakukan orang tua adalah mengarahkan, memotivasi anak untuk mengeluarkan rasa keingintahuannya dengan menyelesaikan tugas tersebut secara mandiri. Anak harus dilatih untuk mencoba menerima tantangan dan menyelesaikannya dengan cara yang benar.

4. Menjadi kurang bertanggung jawab

PR adalah salah satu bagian proses belajar si anak sehingga orang tua harus menekankan hal tersebut untuk melatih rasa tanggung jawab pada tugas yang diberikan. Meskipun PR itu sulit namun alangkah baiknya jika orang tua membiarkan anak mengerjakan PR tersebut sendiri tanpa bantuan namun lebih ke mengarahkan apa yang sebaiknya dilakukan atau memberi pencerahan terhadap materi yang tidak dipahami oleh anak.

Semoga dengan artikel ini dapat membantu orang tua memahami dan terbantu dalam meningkatkan kemampuan pelajaran masing-masing buahatinya.

Komentar

BACA JUGA
  • Terbaru
  • Terpopuler
anak bermain sendiri

Anak Sering Bermain Sendiri di Rumah, Perlukah Bunda Khawatir?

Masa kecil harus dihabiskan oleh anak dengan cara yang ...
manfaat jalan kaki

Hasil Penelitian Nih Bunda! Berjalan Kaki Terbukti Perpanjang Usia

Punya umur panjang dan tubuh yang sehat menjadi keinginan ...
gangguan kesehatan bayi baru lahir

5 Jenis Gangguan Kesehatan yang Sering Menimpa Bayi Baru Lahir

Kedatangan anggota keluarga baru senantiasa dibarengi ...
menyisihkan uang belanja untuk investasi

Bunda, Yuk Sisihkan Uang Belanja untuk Sarana Investasi Masa Depan

Mengatur keuangan keluarga kerap menjadi tugas yang ...
bayi kolam renang

Ingin Mengajak Si Kecil Berenang di Kolam Renang? Ini Hal yang Harus Bunda Perhatikan!

Mengajari anak berenang menjadi salah satu cara yang ...
susu kedelai

Menggantikan Konsumsi Susu Sapi dengan Susu Kedelain untuk Anak, Mungkinkah?

Susu menjadi jenis minuman yang penting dengan kandungan ...
makanan manis penyebab alergi

Bunda Harus Hati-Hati! Konsumsi Gula Berlebihan saat Hamil Bisa Timbulkan Alergi Pada Janin

Konsumsi makanan pada ibu hamil memang harus hati-hati. ...
minyak jintan hitam

Minyak Jintan Hitam, Bahan Alami yang Bermanfaat Besar Menjaga Kecantikan Kulit

Meski telah menikah dan punya anak, bunda tetap harus ...
Asian Feast

Waspada! Ibu Hamil Tak Boleh Berlebihan Memakan 4 Makanan Khas Lebaran Ini

Momen Idulfitri tidak hanya menjadi sarana untuk berkumpul ...
kucing odd eye-1

Kucing Odd Eye, Fenomena Unik Saat Si Meong Lahir dengan Bola Mata Berbeda Warna

Memelihara hewan di rumah menjadi salah satu cara agar ...