Amankah Susu Kedelai Diminum oleh Ibu Hamil?

Susu kedelai mengandung 9 jenis asam amino penting. Susu juga merupakan salah satu minuman yang baik untuk kesehatan ibu hamil, teemasuk susu kedelai. Namun, ada berbagai saran yang mangatakan bahwa susu kedelai lebih banyak efek negatifnya. Lantas seperti apa kata dokter?

susu kedelai ibu hamil

Manfaat Susu Kedelai Bagi Ibu Hamil

Susu kedelai merupakan cairan yang didapatkan dari bahan alami, berupa kedelai. Di dalamnya, terdapat beberapa kandungan yang bermanfaat untuk tubuh, di antaranya:

  • Sumber asam folat = Asam folat mampu menyediakan asupan asam folat yang membantu pembentukan sel saraf dan mengoptimalkan perkembangan janin.
  • Kaya vitamin = berbagai vitamin terkandung pada susu kedelai, vitamin ini penting untuk menyuplai energi bagi ibu hamil.
  • Tinggi protein = protein baik untuk oragan tubuh ibu hamil, namun juga bagi tumbuh kembang janin.
  • Sarat lemak nabati = lemak nabati merupakan jenis lemak baik yang dibutuhkan baik oleh ibu hamil maupun janin.
  • Sumber karbohidrat = karbohidrat meeipakan sumber energi utama yang dibutuhkan ibu hamil agar tidak mudah lelah.

Efek Samping Minum Susu Kedelai Bagi Ibu Hamil

Meski mengandung banyak nutrisi, namun ada sisi negatif yang tak boleh disepelekan:

  1. Susu kedelai mengandung isoflavon yang memicu migrain
  2. Mengkonsumsi susu kedelai berlebihan dapat memicu munculnya tumor atau cacat fisik pada janin
  3. Memunculkan alergi terhadap kacang-kacangan

Dilihat dari sisi positif dan negatif, tentu banyak ibu hamil yang bertanya sebenarnya baik atau tidak untuk kesehatan ibu hamil.

Jawabannya adalah ibu hamil boleh mengkonsumsinya dalam jumlah wajar. 1-2 porsi per harinya adalah jumlah yang diizinkan. Satu porsi setara dengan satu gelas, sehingga Anda boleh mengkonsumsi maksimal 2 gelas susu kedelai tanpa khawatir efek sampingnya. Satu lagi, asalkan ibu hamil tidak alergi susu kedelai juga dapat mengkonsumsinya. Lebih baik lagi, jika tetap berkonsultasi pada dokter.

Anda juga tak perlu menghindari susu kedelai, akan tetapi batasi jumlah konsumsinya adalah hal bijak sebab ada berbagai manfaat yang baik bagi kesehatan ibu hamil dan janin. Seperti yang diketahui apapun yang dikonsumsi secara berlebihan tentu tak baik bagi kesehatan.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE