Anak Anda Tidur Dengan Mata Terbuka?

March 10th, 2017

anak tidur dengan mata terbuka, bayi tidur dengan mata terbuka, lagophthalmos nocturnal, tidur dengan mata terbuka, tips agar anak tidurAnak Anda tidur dengan mata terbuka? Mungkin kelihatannya aneh, tapi hal ini normal.

Tidur dengan mata terbuka, dalam medis disebut lagophthalmos nocturnal. Kondisi ini tidak berbahaya, cukup umum pada bayi, dan ini tidak mempengaruhi tidur anak (bukan masalah tidur). Meskipun mata tidak terbuka lebar, tapi mata anak terlihat hampir terbuka karena kelopak mata tidak menutup sepenuhnya. Bila menurut mitos, tidur dengan kondisi seperti ini memiliki sifat pemarah.

Ada dua alasan yang dapat menyebabkan kondisi ini;

1. Menurut beberapa peneliti, tidur dengan mata terbuka pada anak dapat dikarenakan masalah keturunan. Jika Anda atau pasangan Anda memiliki kebiasaan tidur dengan mata terbuka, ada kemungkinan bahwa anak Anda akan mewarisi perilaku yang sama.

2. Alasan kedua adalah tidak populer dan hampir tidak terjadi. Beberapa dokter telah menyatakan bahwa tidur dengan mata terbuka bisa menjadi tanda dari kerusakan saraf wajah, berbagai jenis tumor atau bahkan masalah tiroid. Jika Anda melihat anak Anda tidur dengan mata terbuka untuk waktu yang lama maka berkonsultasi dengan dokter.
Pada bayi, tidur dengan mata terbuka terjadi selama REM (Rapid Eye Movement), yang merupakan siklus tidur lebih aktif. Bayi menghabiskan lebih banyak waktu dalam tidur REM dibandingkan orang dewasa, sekitar 50 persen dari total waktu tidur mereka.
Untuk membantu Anda membuat bayi tidur dengan benar, berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu:

• Usap kelopak mata bayi sampai mereka tertutup.

• Pastikan si kecil telah benar-benar jatuh tertidur sebelum Anda melakukan hal ini.

• Jika balita Anda terus menunjukkan kebiasaan tidur ini bahkan setelah 18 bulan, maka adalah ide yang baik untuk berkonsultasi dokter anak.

• Kebiasaan tidur semacam ini masih akan berubah menjadi normal, namun konsultasikan dengan dokter bayi Anda jika anak Anda tidur dengan mata terbuka selama berjam-jam pada suatu waktu atau jika matanya tampak kering atau teriritasi. Dalam kasus yang sangat jarang, malformasi pada kelopak mata dapat mencegah mereka dari penutupan normal.

Tidur dengan mata terbuka adalah hal yang umum di kalangan bayi dan tidak ada penyebab masalah sama sekali. Jika tidak mengganggu mereka, jangan biarkan hal itu mengganggu Anda.

Komentar

BACA JUGA
  • Terbaru
  • Terpopuler
sentuhan-kasih-sayang

Sentuhan Kasih Sayang Ibu Bagi si Kecil

Perawatan yang terbaik untuk anak pasti ingin selalu ...
menggambar-warna1

Manfaat Menggambar dan Mewarnai Gambar bagi Anak

Menggambar dan mewarnai pada dasarnya memiliki fungsi untuk ...
cake madu

Resep : Cara Membuat Cake Madu (Honey Cake)

Madu terkenal dengan khasiatnya bagi kesehatan, khususnya ...
terlambat bicara

Tips Membantu Anak Yang Terlambat Bicara

Semua anak mengembangkan dan memperbaiki keterampilan ...
anak terlambat bicara

Anak Terlambat Bicara, Wajarkah?

Apakah anak Anda berusia 2 tahun dan belum bisa berbicara? ...
waspada pedofilia

Apa itu Pedofil dan Perilaku Pedofilia

Maraknya kasus pedofilia meningkatkan kewaspadaan orang tua ...
tips cepat hamil

5 Tips Agar Cepat Hamil

Jika Anda benar-benar ingin hamil, atau mungkin Anda ...