Anak Doyan Berhias? Ini Hal yang Harus Dilakukan Orang Tua

November 22nd, 2017

Berdandan cantik merupakan aktivitas yang sering dilakukan oleh para wanita dewasa. Namun, bagaimana jadinya kalau anak kecil yang semestinya bermain dan berpenampilan polos mengikuti langkah tersebut? Bagaimana tindakan yang harus dilakukan oleh orang tua?

anak doyan dandan

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh orang tua, yakni:

1. Mengizinkan anak perempuan berdandan

Bagi anak perempuan, tampil cantik menjadi salah satu cara mereka untuk menumbuh kembangkan rasa percaya diri. Orang tua juga tidak bisa melarangnya. Hanya saja, di sini orang tua perlu melakukan pengawasan agar anak berdandan seperti layaknya anak, bukan seperti orang dewasa.

Ada berbagai cara yang bisa bunda lakukan. Misalnya, saat mengajak ke toko aksesori, ajaklah ke toko yang secara khusus menyediakan aksesori anak. Biarkan mereka untuk memilih aksesori yang sesuai dengan seleranya. Demikian pula saat memiliki pakaian atau barang-barang lain.

2. Memberikan pengertian

Hal berikutnya yang harus dilakukan orang tua adalah memberi pengertian kepada anak tentang cara berdandan. Pastikan mereka untuk berdandan dengan tanpa menghilangkan identitasnya sebagai seorang anak. Jangan biarkan mereka berpenampilan lebih tua dibandingkan usianya.

3. Mencoba rias sesekali

Menggunakan lipstik dan parfum sejatinya bukanlah hal terbaik untuk anak. Namun, bunda bisa memberikan akses tersebut pada kesempatan khusus. Itu juga hanya dilakukan sesekali, tidak sering. Misalnya, saat sesi foto keluarga atau ketika ada acara perayaan Hari Kartini di sekolah.

Namun, pada penggunaan alat rias tersebut, orang tua juga lagi-lagi perlu memberikan pengertian kepada si kecil. Pengertian yang dimaksud adalah, membuat anak paham bahwa rias seperti lipstik, parfum, dan semacamnya bukan digunakan oleh anak, melainkan untuk orang dewasa.

4. Awasi anak

Terakhir, orang tua harus mengawasi betul perilaku anak ketika menggunakan alat-alat rias. Apalagi, saat ini terdapat berbagai alat rias yang memiliki bahan berbahaya kalau berada di tangan anak. Pastikan untuk selalu menemani anak ketika mereka berada di dekat alat rias.

Dengan melakukan tips-tips tersebut, orang tua bisa berperan aktif dalam membatasi penggunaan alat rias dan perilaku berdandan anak. Kalau bukan orang tua, siapa lagi?

Komentar

BACA JUGA