Anak Mengalami Demam Setelah Imunisasi, Ini Penyebab Utamanya

Imunisasi sangat diperlukan oleh bayi dan anak-anak. Namun, hal yang membuat ibu khawatir ialah setelah menerima imunisasi, anak akan mengalami peningkatan suhu tubuh alias demam. Bahkan tak jarang, hal ini membuat ibu menjadi khawatir.

anak demam setelah imunisasi

Namun, sebenarnya demam merupakan respon tubuh yang umum dialami anak setelah mendapat imunisasi. Imunisasi memanfaatkan mekanisme pertahanan alami dari tubuh untuk membentuk pertahanan spesifik dalam melawan infeksi virus.

Ketika anak diimunisasi, tubuh anak akan dimasukan vaksin yang sudah jinak. Saat membentuk respon imun inilah tubuh memberikan respon seperti demam, gatal dan nyeri pada bekas suntikan. Tubuh membentuk system kekebalan tubuh baru gabungan dari vaksin imunisasi yang dimasukkan ke dalam tubuh, sehingga menyebabkan suhu tubuh meningkat.

Apa yang harus dilakukan jika anak demam setelah imunisasi?

Bagi anak yang masih menyusui, pemberian ASI yang lebih sering kepada anak dapat meringankan demam anak. ASI mengandung senyawa anti peradangan yang menurunkan resiko demam. Imunisasi juga bekerja lebih baik pada anak yang mendapat ASI.

Anda juga dapat mengompres anak dengan air hangat sebagai upaya untuk menurunkan demam. Kompresan ini dapat diletakkan di tempat suntikan diberikan. Pastikan anak beristirahat dengan tenang dan nyaman serta berikan minum yang banyak.

Jika anak Anda sudah besar dan dapat meminum obat, maka berikan obat tersebut setengah saja apabila timbul gejala demam. Tetapi, jika anak tidak emngalami gejala demam maka tak perlu diberikan obat penurun panas tersebut.

Apabila anak Anda menunjukkan gejala seperti demam makin tinggi, anak menangis lebih dari 3 jam, menjadi lesu, kantuk berlebihan dan mengalami kejang dapat membawa si kecil ke klinik kesehatan untuk penanganan lebih lanjut.

Bagaimanapun, imunisasi sangat penting dalam melindungi kesehatan system imunnya. Jika tingkat imunisasi tinggi, resiko penyebaran penyakit tertentu dapat menurun. Namun, gejala demam setelah mendapat imunisasi tidak selalu dialami oleh semua anak-anak. Hanya beberapa anak saja yang mengalami gejala demam tersebut. Tiap anak memberikan respon berbeda-beda setelah imunisasi.

Nah, kalau bunda mendapati si kecil jatuh demam setelah imunisasi, tak perlu khawatir lagi, ya…

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE