Anak Rewel, Enaknya Diapain Ya?

I will not eatAnak rewel? memang susah-susah gampang ya untuk membuatnya lebih tenang. Sikap rewel ini akan sangat mengganggu jika dibarengi dengan rengekan yang berujung tangisan, apalagi di tempat umum, wah berabe nanti.

Sikap rewel kadang timbul saat si kecil hendak melakukan kegiatan sehari-hari, mandi misalnya, atau sekolah. Ada beberapa penyebab kenapa si kecil ini rewel, namun kadang sifat rewel ini sudah menjadi sifat dasar anak itu sendiri, sehingga ada kemungkinan sulit diatasi, Untuk mengetahui apakah sikap rewel menjadi sifat dasar anak sebenarnya sangat mudah, orang tua pun dapat mengetahuinya dengan gampang.

Jika anak tersebut mempunyai sifat dasar rewel, dia mempunyai sikap temprament yang tinggi. Anak sulit beradaptasi dengan hal-hal baru. Namun jika sebaliknya, maka sikap rewel hanyalah bawaan mood anak yang mungkin kurang sehat atau tidak nyaman dengan kondisi lingkungannya.

Sebelum Anda mengetahui tips bagaimana menghadapi anak yang rewel, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu penyebab umum anak bersikap rewel.

Kondisi Kesehatannya yang Kurang Fit

Kondisi kesehatan yang tidak sehat pasti menyebabkan mood anak menjadi terganggu, sehingga sudah pasti mempengaruhi sikapnya saat itu. Cari dulu apa sebab anak tersebut rewel dan segera atasi jika kondisi kesehatannya terganggu.

Mencari Perhatian Orang Tua

Sikap rewel juga akibat Anda yang kurang memperhatikan buah hati. Si kecil berusaha mencari perhatian Anda dengan sikapnya yang di luar biasanya, karena dengan cara inilah dia merasa bisa merebut perhatian Anda. Mangkanya, sebaiknya Anda dari awal menjalin komunikasi yang intents dengan anak Anda.

Ngambek

Sikap ngambek ini timbul akibat perasaannya yang terluka. Sehingga anak menjadi berubah sikap menjadi rewel. Pada kondisi seperti ini tidak akan bertahan lama seiring dengan pertumbuhan usia anak yang makin dewasa, baik secara fisik maupun pemikiran.

Menunjukkan Kekuatannya

Sifat anak pada usia tertentu kadang ingin menunjukkan kekuatan atau kemampuannya di depan orang tua. Biasanya dia ingin menyikapi hal yang tidak sesuai dengan keinginannya dengan bersikap seperti ini, kemudian ngambek dan menjadi rewel. Ya, begitulah anak-anak, kadang sikapnya sulit ditebak.

Nah, setelah Anda mengetahui penyebab sifat rewel anak, tentu Anda ingin mengetahui bagaimana cara sebaiknya mengatasi sikap anak yang rewel seperti ini. Berikut ini adalah tips bagaimana mengatasinya:

  • Berpikir Postif dan Jangan Terpancing Emosi: Sikap anak yang kadang sulit ditebak kadang membuat kita juga ikutan emosi. Jika sudah seperti ini, Anda haruslah menahan diri dan menjaga emosi Anda agar tidak terpancing, lantas memarahi anak Anda.
  • Jangan Memberi Label pada Anak: Memberi label di sini maksudnya adalah berkata pada anak Anda, “dasar anak nakal”, Hal ini kadang membuat buah hati justru makin jengkel dan terus-terusan bersikap seperti ini. Ini juga tidak baik dengan psikilogis anak.
  • Jangan Membanding-bandingkan: Jangan sekali-kali Anda membanding-bandingkan anak Anda dengan anak lain, karena pada kondisi seperti ini, anak Anda akan merasa diadili atas ketidakmampuannya dalam menyikapi sesuatu.
  • Jangan Mengalah. Jangan mengalah dengan sikap rewel anak, jika demikian Anda berarti memberi ruang untuk anak terbiasa dengan kemanjaan dari Anda. Secara tidak langsung Anda mengajari dan membentuk karakter anak Anda dengan anak lemah dan kurang punya pendirian.
  • Bersikap Tegas. Terakhir adalah butuh sikap tegas Anda. Anda pasti tau mana yang baik dan buruk buat perkembangan anak Anda, mudah bukan?

 

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE