Anak Terlalu Kurus? Ini Tips Mujarab untuk Menaikkan Berat Badannya

December 25th, 2017

Masa anak-anak merupakan momen perkembangan yang penting dalam perjalanan hidup seseorang. Oleh karena itu, orang tua perlu memperhatikan secara cermat kondisi tubuh anak. Salah satu aspek yang perlu diperhatikan adalah kondisi fisiknya.

anak terlalu kurus

Seorang ahli pediatri asal Amerika Serikat, Stephen R. Daniels mengatakan kalau kondisi fisik anak selalu dinamis, disesuaikan dengan perkembangannya. Oleh karena itu, orang tua harus memperhatikan betul terkait hal yang satu ini. Misalnya, kalau ada pertambahan tinggi yang tak diiringi dengan kenaikan berat badan, di sini orang tua perlu khawatir.

Hal seperti itu memperlihatkan kalau anak memiliki nafsu makan yang rendah. Ketika menghadapi masalah seperti ini, orang tua tidak bisa secara langsung memaksa anak untuk makan. Perlu juga untuk mengonsultasikannya dengan dokter anak atau bidan, dengan tujuan untuk mengetahui kondisi fisik anak secara menyeluruh.

Dari hasil pemeriksaan tersebut, bunda bisa tahu apakah anak terlalu kurus atau tidak. Kalau memang mereka memiliki kondisi fisik yang terlalu kurus, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasinya, yakni:

1. Jadwalkan waktu makan

Agar anak bisa makan secara rutin, bunda bisa membiasakan untuk mengatur jadwal makannya. Jangan biarkan anak tidak makan saat jadwal makan tersebut terlewati.

2. Sajikan menu dengan porsi lebih besar

Kedua, bunda bisa pula menyediakan menu dengan porsi yang sedikit lebih banyak. Hal ini perlu dilakukan dengan catatan kalau anak sudah menghabiskan makanannya.

3. Pilih makanan yang mengandung kalori tinggi

Kalori menjadi nutrisi penting dalam perkembangan tubuh anak, karena bisa menambah berat badan mereka. Oleh karena itu, pastikan untuk melihat komposisi nutrisi ketika berbelanja makanan anak.

4. Makanan bergizi

Makanan yang bergizi seperti sayuran, kacang-kacangan, buah, ataupun susu rendah lemak bisa menjadi pertimbangan untuk meningkatkan berat badan anak. Selain itu, bahan-bahan tersebut juga memiliki dampak positif untuk mencegah terjadinya peradangan dalam tubuh si kecil.

Hanya saja, perlu diperhatikan sekali lagi. Jangan pernah memaksa anak untuk makan dengan porsi melebihi kemampuannya. Kalau bunda melakukan hal tersebut, dampaknya malah akan berbalik. Alih-alih mereka bertambah berat badan, si kecil akan kehilangan nafsu makannya. Tidak mau seperti itu, kan?

Komentar

BACA JUGA
  • Terbaru
  • Terpopuler
anak bermain game

7 Pengaruh Negatif Game Terhadap Mental Anak

Di era digital ini, semakin banyak aplikasi maupun gadget ...
Mengatasi Mata Minus Pada Anak

10 Cara Menghilangkan Trauma Pada Anak yang Benar-Benar Terbukti

Membantu seorang anak untuk mengatasi akibat dari suatu ...
Young boy looking angry, clenching teeth against gray background

7 Cara Mengatasi Anak Pemarah yang Efektif bagi Para Orang Tua

Salah satu sikap anak yang kurang menyenangkan adalah sifat ...
mendidik anak kekerasan

7 Dampak Negatif dari Mendidik Anak dengan Cara Kekerasan

Sebagai orang tua, terkadang ketika ingin mendisiplinkan ...
penyebab anak nakal

Orang Tua Wajib Tahu Nih, 7 Penyebab Kenakalan Anak

Sebenarnya, menjadi nakal bukan pilihan anak-anak Anda, ...
perbedaan darah haid dan darah awal kehamilan

Mengetahui Perbedaan Darah Haid dan Darah Awal Kehamilan

Setelah tahu bahwa wanita hamil, beberapa calon ibu mungkin ...
susu kedelai ibu hamil

Amankah Susu Kedelai Diminum oleh Ibu Hamil?

Susu kedelai mengandung 9 jenis asam amino penting. Susu ...