Aneka Manfaat Lobak Bagi Kesehatan

manfaat lobak bagi kesehatan

Lobak adalah tanaman akar. Bentuk umbi lobak seperti wortel, tetapi isi dan kulitnya bisa putih, merah, ungu atau hitam, dan dari segi bentuk, itu bisa panjang dan silindris atau bulat. Lobak dapat dimakan mentah, dimasak atau dijadikan acar. Minyak yang diperoleh dari biji lobak juga kerap digunakan dalam sejumlah produk dan aplikasi kesehatan yang bermanfaat.

Nama ilmiah dari lobak adalah Raphanus sativus yang merupakan keluarga Brassicaceae. Lobak juga dikenal sebagai Daikon di beberapa bagian dunia, terutama di pasar Asia. Di Indonesia lobak putih lebih umum ditemukan, makanan yang khas menggunakan lobak putih di dalamnya salah satunya soto bandung.

Selain lezat, terdapat banyak manfaat kesehatan dari lobak, diantaranya;

– Lobak sangat baik untuk hati dan perut, dan bertindak sebagai penangkal racun yang kuat. Lobak dapat memurnikan darah dan menghilangkan racun dan limbah. Lobak sangat berguna dalam mengobati penyakit kuning karena menghilangkan bilirubin dan juga menjaga produksi pada tingkat yang stabil. Hal ini juga mengurangi kerusakan sel darah merah yang terjadi pada orang yang menderita penyakit kuning dengan meningkatkan pasokan oksigen segar ke darah. Lobak hitam lebih disukai dalam pengobatan penyakit kuning, dan daun lobak juga sangat berguna dalam pengobatan.

– Lobak kaya serat, melancarkan pencernaan, retensi air, dan perbaikan sembelit. Sehingga dapat menjadi detoxifier yang baik.

– Lobak bersifat diurectic, yang berarti bahwa mereka meningkatkan produksi urin. Jus dari lobak juga menyembuhkan peradangan dan rasa terbakar saat buang air kecil. Lobak juga dapat membersihkan ginjal dan menghambat infeksi pada ginjal dan sistem kemih, sehingga membantu pengobatan berbagai kondisi kemih yang diperburuk oleh racun kelebihan dalam sistem.

– Lobak sangat mngenyangkan, yang berarti bahwa mereka memuaskan rasa lapar Anda. Lobak juga rendah karbohidrat, tinggi serat dan mengandung banyak air, membuat lobak menjadi pilihan makanan yang sangat baik untuk mereka yang bertekad untuk menurunkan berat badan. Selain itu, mereka tinggi serat dan rendah pada indeks glikemik, yang berarti lobak dapat meningkatkan gerakan usus yang teratur, yang membantu dalam penurunan berat badan, dan meningkatkan efisiensi metabolisme untuk semua proses tubuh.

– Vitamin-C, fosfor, zinc dan beberapa anggota vitamin-B kompleks yang hadir dalam lobak baik untuk kulit. Air di lobak juga membantu untuk menjaga tingkat kelembaban yang sehat di kulit. Lobak mentah yang dihancurkan adalah pembersih yang baik dan berfungsi sebagai paket perawatan wajah yang efisien. Karena memiliki sifat disinfektan, lobak juga membantu membersihkan gangguan kulit seperti kulit kering, ruam, dan retak.

– Lobak memiliki sifat anti-gatal dan dapat digunakan sebagai pengobatan yang efektif untuk gigitan serangga dan sengatan lebah. Jus lobak juga mengurangi rasa sakit dan pembengkakan dan menenangkan daerah yang terkena gigitan.

Gambar: edu.par.com.pk

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE