Aneka Saus Masakan Berbagai Negara

Saus atau sauce (Prancis) diambil dari bahasa Latin salsus yang artinya di-garami. Cairan saus merupakan salah satu elemen penting dalam masakan sebagai penyedap rasa. Saus bisa dibuat secara pabrikan seperti kecap atau saus yang dibuat oleh juru masak seperti saus asam manis. Selain digunakan sebagai penambah cita rasa ketika memasak, saus juga kerap disajikan sebagai pelengkap bersama-sama makanan atau masakan sebagai cocolan.

Tiap negara memiliki saus khas tersendiri, ingin tahu apa saja aneka saus masakan yang menambah selera makan Anda selama ini? Berikut Buahatiku.com rangkum untuk Anda.

Jepang = Teriyaki Sauce

Saus khas Jepang ini terbuat dari kecap asin, jahe, kaldu dan mirin. Saus teriyaki berwarna coklat gelap. Anda dapat membuatnya sendiri dengan mencampurkan 4 sdm kecap asin, 2 sdm gula pasir atau gula palem, 2cm jahe (diparut), 6 sdm mirin.

Korea = Doenjang Sauce

Saus Doenjang terbuat dari kacang kedelai yang direbus dan dikeringkan di panas matahari. Setelah kering kedelai dibentuk persegi, ini dinamakan Meju. Ketika proses pengeringan akan muncul jamur yang menandakan proses frementasi yang menimbulkan aroma khas. Meju kering kemudian dipindahkan ke tempat hangat agar proses frementasi berlangsung cepat. Setelahnya dimasukkan ke tempayan besar yang berisi air garam agar frementasi berlangsung lebih baik. Inilah yang dinamakan doenjang. Saus doenjang populer dimasak sebagai sup atau Doenjangjjigae. Sup ini biasanya berisi tahu dan bumbu seperti bubuk cabai, jamur, seafood dan daging.

Meksiko = Tabasco Sauce

Saus Tabasco merupakan saus khas Meksiko yang terbuat dari cabai merah. Saus ini memiliki rasa sedikit asam dan pedas menyengat.

Inggris = Worcestershire Sauce

Saus khas Inggris ini terkenal dengan nama Kecap Inggris. Rasanya gurih namun sedikit asam karena terbuat dari campuran kecap asin, cuka, cabai, molases dan rempah-rempah lainnya. Banyak digunakan untuk masakan sup atau saus steak dan juga tumisan ala chinesse food.

Italia = Bolognese Sauce

Saus bolognese terbuat dari saus tomat dan daging cincang yang ditambah rempah-rempah lainnya. Bolognese diambil dari tempat asalnya Bologna, Italia. Saus bolognese biasanya dipadukan dengan pasta seperti spaghetti atau lasagna. Jika Anda ingin membuatnya sendiri, Anda akan membutuhkan pasta tomat, daging cincang, bawang bombai dan bawang putih. Tambahkan wortel atau paprika hijau jika suka.

Urdu = Tahini Sauce

Saus khas Timur Tengah ini memiliki tekstur yang kental, terbuat dari wijen yang disangrai kemudian dibubuhi bawang putih. Biasanya digunakan untuk pelengkap salad atau campuran kue .

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE