Apakah Anak Kesepian Karena Tak Punya Teman? Ini Tindakan yang Harus Dilakukan Orang Tua

Memiliki teman merupakan sebuah hal yang penting dalam aktivitas sehari-hari. Hanya saja, terkadang seorang anak kesulitan dalam memperoleh teman baru. Apalagi, saat mereka memasuki tahun pelajaran baru.

Menurut laporan dari Childtrends, setidaknya terdapat 30% anak yang merasa depresi, kesepian, serta tidak bahagia. Alasan utamanya adalah, karena anak-anak tersebut kesulitan memperoleh teman di sekolahnya.

anak kesepian di sekolah

Tidak jarang, seorang anak yang tak memiliki teman pun kerap menjadi bulan-bulanan, sebagai sasaran aktivitas bullying. Kondisi tersebut pun bakal berdampak secara langsung pada perkembangan jiwa si kecil. Selanjutnya, hal ini akan terus teringat hingga mereka dewasa.

Tindakan Orang Tua

Lalu, bagaimana cara orang tua menangani masalah seperti ini? Di sini, orang tua memiliki peran yang sangat penting agar anak bisa mendapatkan teman. Beberapa langkah di antaranya adalah:

Membangun momen

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan membangun momen sehingga anak bisa memperoleh teman bermain. Caranya mudah. Bunda tinggal mengajak si kecil berkunjung ke tetangga sekitar, sepupu, atau teman.

Selain itu, tidak ada salahnya juga mengadakan pesta kecil-kecilan dan mengundang beberapa anak kecil di sekitar rumah. Tidak perlu dana yang besar, cukup buat makanan yang sekiranya disukai oleh anak-anak. Dengan begitu, mereka bakal bisa bersosialisasi dengan nyaman.

Memberikan kegiatan tambahan

Tidak ada salahnya pula untuk mengirim anak ke tempat les. Hanya saja, perlu diperhatikan kalau tempat les yang dikunjungi harus sesuai dengan potensi serta kemauan anak. Misalnya, kalau si kecil suka musik, ajak mereka ke tempat les biola atau piano.

Dengan begitu, mereka bakal bertemu dengan anak lain yang memiliki ketertarikan serupa. Hal tersebut pun bakal menjadi pemicu terjadinya sosialisasi satu sama lain.

Berikan saran

Hal yang tidak kalah pentingnya, bunda juga perlu mengajak si kecil untuk berbincang kecil tentang kondisi di sekolah. Tidak ada salahnya pula untuk memberikan saran tentang bagaimana bersikap dengan seorang teman. Harapannya, mereka bisa mengikuti saran tersebut sebagai upaya memperoleh teman.

Nah, dengan mempraktikkan tiga tips tersebut, semoga bunda bisa mengajarkan cara bersosialisasi yang benar kepada si kecil, ya!

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE