Bagaimana Cara Mendidik Anak Agar Hormat Pada Orangtua?

Bagaimana Cara Mendidik Anak Agar Hormat Pada Orangtua?, birrul walidain, hormat, orang tua, kata kata untuk ibu dan ayah, kpd

Memiliki anak yang menurut dan hormat pada orangtua menjadi dambaan setiap orang. Hal ini tentu tidak akan terwujud jika orangtua tidak memberikan pendidikan yang tepat pada sang anak. Menuntut mereka menjadi seseorang yang memiliki adab dan akhlak yang baik membutuhkan perjuangan dan kesabaran yang tidak mudah. Nah, selain membutuhkan keahlian tersebut, ternyata ada 10 Cara Mendidik Anak Agar Hormat pada Orangtua seperti yang diuraikan berikut ini.

Menghormati Anak

Setiap anak dilahirkan unik dan berbeda. Tuhan memberikan amanah kepada kita untuk menjaga dan menjadikannya seseorang yang indah dipandang mata, baik perbuatan maupun sikapnya. Oleh karena itu, sebisa mungkin perlakukan dan hormati anak-anak sebagaimana Anda menginginkan mereka menghormati kita orang dewasa. Hormati juga keputusan dan sikapnya dalam melakukan sesuatu, jika ada yang salah tugas orangtua adalah meluruskan bukan memberikan penghakiman.

Berikan Teladan

Anak-anak adalah peniru yang ulung. Jika Anda menginginkan mereka hormat pada orangtuanya, maka berikan contoh yang sama di mana Anda bisa memberikan teladan yang baik dalam mengormati satu sama lain di dalam anggota keluarga. Dengan begitu mereka akan meneladani sikap baik Anda kepada mereka, tak hanya itu orangtua juga harus memiliki sikap hormat yang sama kepada orang lain tanpa membedakan strata dan tahta.

Bersikap Tegas

Saat anak menginginkan sesuatu yang dipandang kurang bermanfaat dan sia-sia, maka bersikaplah tegas dalam memberikan larangan dan berikan alasannya mengapa kita melarangnya secara logis. Ucapan dan sikap yang tegas tidak berarti selalu membentak dan keras, tetapi tegas adalah bersikap jelas dan benar dalam berbagai kondisi.

Jujur

Jika Anda menginginkan seorang anak tumbuh menjadi anak yang hormat, maka berikan contoh mengenai kejujuran. Bersikaplah terus terang terhadap apapun dan berikan penjelasan terhadap suatu perkaran yang terjadi dengan logis sesuai pemahaman sang anak.

Konsisten

Semua kesuksesan dalam mendidik anak tidak akan terwujud jika hal tersebut tidak dilakukan dengan sikap yang konsisten. Sebagus apapun metode mendidik yang Anda gunakan tetapi jika tidak dilakukan secara konsisten maka hasil yang Anda dapatkan tidak akan maksimal. Berkomitmenlah dengan pasangan untuk selalu konsisten dalam mendidik anak dengan cara yang telah disepakati bersama.

Berikan Pujian

Anak-anak menyukai pujian, jika mereka melakukan hal baik dan bersikap benar berikanlah pujian yang cukup, tidak perlu berlebihan. Boleh memberikan reward berupa hadiah, tetapi tidak disarankan terlalu sering karena anak hanya akan termotivasi melakukan hal baik jika mereka diberikan imbalan.

Jangan pernah berbohong

Bagaimanapun, berbohong adalah hal yang tidak benar (dosa). Sebisa mungkin, pastikan Anda tidak memberikan contoh “berbohong” kepada anak meskipun itu tersembunyi (-maksudnya sang anak tidak mengetahui Anda sedang berbohong). Meskipun sang anak tidak mengerti tentang kebohongan tetapi mereka bisa merasakan kebohongan tersebut di waktu yang berbeda. Jadi, berhati-hatilah!

Stop, Bersikap Egois!

Jika orangtua membuat kesalahan kepada anak, beranilah untuk meminta maaf kepada mereka. Jangan mentang-mentang kita adalah orangtua, maka anak-anak tidak memiliki hal permintaan maaf dari orang dewasa. Kembali kepada poin 1 di mana jika kita menginginkan anak yang bisa meminta maaf pada orangtua, maka orangtua harus bisa melakukan hal yang sama kepada anaknya.

Jangan Segan

Saat Anda ingin mengungkapkan rasa sayang kepada anak meskipun mereka sudah beranjak remaja dan dewasa, Anda tidak perlu merasa segan dan malu untuk mengucapkan perasaan sayang kepada anak-anak. Rasakan kedahsyatan dari rasa keterbukaan di dalam hubungan antara anak dan orangtua, niscaya Anda akan mendapatkan anak-anak yang dekat dengan orangtuanya.

Hormati Hak Anak

Jika Anda menginginkan anak-anak bisa menghormati hak orang lain khususnya orangtua dan keluarganya, maka belajarnya menghormati anak untuk mendapatkan kasih sayang yang layak, kebutuhan makan bergizi yang terpenuhi, pakaian yang layak, dan toleransi dalam mengeluarkan pendapat maka mereka akan balik menghomati hak orang lain.

Selain hal tersebut kita perlu juga memperhatikan hal-hal berikut; cara mendidik anak, mendidik anak, cara mendidik anak yang baik, cara mendidik anak usia 3 tahun, cara mendidik anak laki laki, cara mendidik anak menurut islam, cara mendidik anak secara islam, mendidik anak dalam islam, cara mendidik anak dalam islam, cara mengajar yang baik.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE