Bagaimana Membujuk Anak Anda yang Tidak Suka Mandi?

March 17th, 2014

kidbathBuahatiku.com ingat saat masa kecil dulu, di mana teman kami tidak mau mandi, sampai-sampai dirinya menangis karena orang tua terus-terusan memaksanya untuk mandi. Apakah Anda pernah mengalami hal serupa? Atau jangan-jangan Anda lah yang sebenarnya saat kecil tidak suka mandi.

Lucu memang jika kita mengingatnya, karena masa itu ada banyak bujukan alias rayuan yang Ibu kita iming-iming kalau kita mau mandi, dibelikan mainan baru lah, dimasakkin makanan favoritlah, atau sekedar diajak jalan-jalan.

Memori tersebut sudah berlalu dan mungkin menjadi moment terindah saat kecil dulu. Bukan menjadi hal yang mustahil jika hal yang serupa terjadi pada anak Anda. Apa yang harus Anda lakukan jika hal tersebut terjadi? Bisakah Anda menerapkan pengalaman Anda tersebut pada anak Anda? Bagaimanapun mandi adalah salah satu yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan anak Anda. Jadi mandi, bagi siapapun, sangatlah menjadi hal yang wajib.

Sebelum tahu hal apa yang harus Anda lakukan, sebaiknya Anda selidiki terlebih dahulu kenapa anak Anda tidak suka mandi. Berikut adalah faktor umum penyebabnya

Tidak Suka Air Dingin

Siapa sih yang tidak suka mandi air hangat? Orang dewasa pun suka, apalagi anak-anak. Wajar sekali jika musim hujan seperti sekarang kondisi cuaca dingin, belum nanti ditambah dengan guyuran air yang cenderung dingin saat mandi, anak-anak Anda pasti kurang menyukainya.

Saat terjadi seperti ini, Anda sebaiknya meluangkan waktu untuk memanaskan air. Atau jika kamar mandi Anda ada air hangatnya, maka mandikanlah anak Anda dengan air hangat.

Waktu yang Kurang Tepat

Kenapa anak Anda malas mandi? Bisa saja Anda menyuruh anak Anda mandi saat dirinya sedang asyik bermain dengan teman-temannya. Hal ini memang perlu Anda perhatikan, karena jika lama-lama dibiarkan bisa menjadi kebiasaan anak Anda yang lalai akan waktu.

Jadi perlu sedikit adanya kebiasaan yang harus Anda tanamkan sejak kecil, seperti saat kapan saja anak Anda harus mandi ataukalau perlu Anda menetapkan jam mandi. Jika ini dilakukan, maka jangan heran jika sendirinya nanti anak Anda akan meminta sendiri untuk mandi.

Biarkan Anak Anda Bermain Saat Mandi

Bermain air sangat menyenangkan bagi anak. Ini bukan hal yang aneh dan Anda pun tidak ada salahnya jika membelikan mainan untuk anak yang bisa dia gunakan saat mandi. Pasti dijamin anak Anda akan betah dan bersemangat untuk mandi.

Berkomunikasi Lebih Intim Saat Mandi

Biasanya orang tua melakukan komunikasi yang intim saat hendak meninabobokan anak Anda. Tak ada salahnya jika Anda melakukan hal ini saat anak Anda mandi, ajaklah mandi bersama, dan lakukan dialog-dialog yang membuat anak Anda merasa nyaman kepada Anda.

Secara psikologis, guyuran air membuat kondisi tubuh manusia lebih tenang. Dengan ini bisa saja anak Anda yang lebih banyak bercerita kepada Anda karena kondisi tubuhnya yang rileks.

Jangan Ragu Memberikan Hadiah

Cara ini lebih dikhususkan pada anak ang memang sangat sulit untuk disuruh mandi. Seperti yang sudah dijelaskan pada paragraph awal, kepada anak yang sulit disuruh mandi, iming-iming hadiahlah yang menjadi cara yang paling mujarab untuk membuat anak Anda mandi.

Anda tak perlu ragu untuk menerapkan hal ini karena kondisi seperti ini tidak akan bertahan lama kok. Seiring dengan waktu, anak Anda akan terbiasa dan tau sendirinya pentingnya mandi. Apa hal yang bisa Anda janjikan pada anak Anda agar mau mandi? Gampang! Jalan-jalan, beli makanan, atau membelikan mainan dan pakaian bisa menjadi hal yang menarik untuk anak Anda,walaupun harganya murah.

Konsultasi ke Dokter

Hal yang menurut Anda sepele seperti ini bisa jadi adalah sebuah kelainan untuk anak Anda. Sesekali berkonsultasilah ke dokter Anda, di sini Anda akan mendapatkan jawaban yang pasti dan hal apa yang sebaiknya Anda lakukan, jadi Anda tidak akan mengira-ira tindakan yang mungkin berdampak buruk pada anak Anda suatu saat nanti.

Ciptakan Suasana yang Berbeda

Terakhir adalah sebaiknya Anda menciptakan suasana mandi yang tidak monoton. Perlu adanya tindakan variatif saat memandikan anak Anda, misalnya dengan berendam, shower, ataupun gayung biasa. Suasana berbeda bisa Anda ciptakan melalui peralatan mandi, jadi tak ada salahnya jika Anda mengajak anak Anda saat berbelanja peralatan mandi, biarkanlah anak Anda memilih sendiri peralatan mandinya.

Hmmm, bagaimana? Semoga sukses ya dengan tips di atas.

Komentar

BACA JUGA
  • Terbaru
  • Terpopuler
anak suka corat-coret dinding

Anak Suka Corat-coret Dinding? Ternyata Kebiasaan Ini Punya Manfaat Tinggi, Lho!

Corat-coret dinding menjadi kebiasaan yang sering dilakukan ...
suami workaholic

Tips Ampuh Biar Tak Makan Hati Menghadapi Suami yang Workaholic

Memiliki suami yang workaholic atau kerap menghabiskan ...
perlengkapan bayi diy-3

Ide Kreatif Membuat Mainan DIY untuk Anak di Rumah, Murah dan Edukatif

Mainan anak bisa didapatkan dengan beragam cara. Cara yang ...
kebiasaan yang membuat anak membangkang

Bukannya Jadi Penurut, 4 Kebiasaan Ini Malah Membuat Anak Suka Membangkang

Memiliki anak yang bisa menuruti perkataan orang tua tentu ...
kata ajaib mendidik anak

Bunda, Yuk Ajari Anak 3 Kata Ajaib untuk Pembentukan Karakter yang Baik

Tidak ada sekolah yang mengajari seorang ibu dalam mendidik ...
bayi kembar identik dan tak identik

Kenapa Bayi Kembar Bisa Lahir dalam Kondisi Identik dan Tidak Identik? Ini Alasannya

Memiliki bayi kembar menjadi karunia sangat besar bagi ...
sabar menghadapi anak

Merasa Di Ambang Kesabaran Saat Mendidik Anak? Ingat 6 Hal Ini, ya Bunda

Menjadi orang tua dan tugas mendidik anak bukanlah hal yang ...
manfaat berolahraga anak jadi lebih cerdas

Bunda, Mengajarkan Anak untuk Berolahraga Ternyata Mampu Tingkatkan Kecerdasan, Lho!

Banyak cara yang dapat bunda lakukan kalau ingin ...
anak mendapat nilai jelek di sekolah

Anak Dapat Nilai Jelek di Sekolah? Ini Hal yang Perlu Bunda Lakukan

Memiliki anak pintar dan berprestasi menjadi impian setiap ...
gaya belajar anak zaman now

Bunda Perlu Tahu Nih, 5 Jenis Gaya Belajar Anak Zaman Now

Cara mendidik anak zaman now tentu harus berbeda dengan ...