Bahaya Flu Bagi Wanita Hamil

July 29th, 2017

Seringkali muncul pertanyaan dari wanita hamil “Flu pada ibu hamil berbahayakah?” atau “Batuk pilek saat hamil berbahayakah?” Flu adalah penyakit yang disebabkan oleh virus serta mikroba dan merupakan penyakit yang masih sulit dikendalikan, penyakit ini dapat dengan mudah menyerang siapa saja termasuk susu ibu hamil. Flu bagi orang dengan kondisi normal dapat sangat menyusahkan terlebih lagi untuk ibu hamil yang harus sangat berhati-hati dalam menjaga kesehatan dirinya serta janin yang sedang dikandung. Bagi wanita hamil yang terserang penyakit flu dapat menimbulkan dampak negatif yang besar bagi ibu dan janin.

cara menghitung usia kehamilan, susu ibu hamil, obat flu, obat batuk, obat pilek, obat batuk alami, obat batuk anak, obat flu untuk ibu hamil

Resiko kejadian sakit atau bahkan kematian pada ibu dan janin dapat saja terjadi akibat penyakit influenza yang tidak segera ditangani terutama untuk ibu hamil yang daya tahan tubuhnya sedang menurun. Karena kebanyakan orang terlalu menganggap sepele penyakit flu sehingga tidak cepat tanggap untuk segera diobati, karena kemungkinan komplikasi kepada ibu hamil yang terserang flu akan bertambah besar dibandingkan ketika sedang tidak hamil.
Salah satu dampak yang mungkin dapat ditimbulkan kepada ibu hamil yang terserang flu adalah Bayi Lahir Prematur. Virus seperti flu babi ternyata mempunyai pengaruh dalam meningkatkan kemungkinan terjadinya bayi lahir premature. Bayi dengan riwayat lahir prematur memiliki tingkat ketahanan hidup yang rentan serta memiliki angka hidup yang rendah. Selain itu, dampak lain yang dapat timbul adalah Bayi Lahir dengan Berat Badan Rendah karena flu dapat mengkibatkan plasenta bayi terganggu yang dapat menyebabkan penyaluran nutrisi ke janin terganggu pula. Berat badan bayi yang rendah membuat bayi harus mendapat perlakuan ekstra untuk meningkatkan berat badan dan terhindar dari gangguan kesehatan.
Penurunan Daya Ingat kepada bayi juga merupakan resiko lain yang dapat terjadi karena penyakit flu yang mempengaruhi pertumbuhan otak yang kurang sempurna sehingga dapat menyebabkan gangguan daya ingat pada bayi. Penurunan daya ingat membuat bayi saat tumbuh menjadi anak-anak akan sulit untuk belajar dan memiliki stimulus yang rendah. Akibat lain yang dapat ditimbulkan karena flu tidak hanya berakibat pada fisik tapi juga pada psikis dan mental bayi. Sehingga dapat juga terjadi Gangguan Bipolar, Resiko Skizofrenia, dan Resiko Autisme. Gangguan mental yang terjadi biasanya diakibatkan karena rusaknya saraf otak akibat kurangnya suplai oksigen ke otak janin sehingga perkembangan otak tidak maksimal.
Tidak hanya bayi yang merasakan dampak penyakit flu tetapi ibu pun dapat merasakan sakit, nyeri tenggorokan dan nyeri perut serta Sesak Nafas. Sudah hal yang wajar apabila flu disertai dengan batuk, sakit tenggorokan, dan sesak nafas. Sedangkan jika Batuk, sakit tenggorokan dan flu disaat yang bersamaan dapat menyebabkan ibu merasakan nyeri tenggorokan dan membuat ibu sulit makan. Nyeri pada perut akibat batuk juga dapat membuat berkurang nafsu makan.
Tapi bagi ibu jangan khawatir jika mengalami flu saat kehamilan apalagi saat usia kehamilan masih trimester pertama. Penanganan yang cepat dapat membantu mengurangi resiko yang dapat ditimbulkan oleh penyakit flu. Hal lain yang dapat dilakukan saat flu menyerang ibu hamil adalah beristirahat yang cukup, memakan makanan bergizi walaupun kondisi nafsu makan berkurang tetapi dengan memakan buah-buahan yang mengandung vitamin C dapat meningkatkan daya tahan tubuh serta perbanyak minum air putih, sedangkan untuk sesak napas gunakan minyak kayu putih atau minyak telon. Jangan meminum obat sembarangan, selalu tanyakan kepada dokter untuk jenis obat-obatan yang dapat dikonsumsi saat hamil karena janin sangat rentan terhadap zat-zat kimia.
Flu memang bukan penyakit berat yang tidak perlu untuk dikhawatirkan. Namun dampak yang ditimbulkan saat orang yang terserang flu sedang hamil memiliki resiko tambahan yang dapat membahayakan ibu dan janin. Resiko bisa saja tidak terjadi jika mendapatkan penanganan yang baik. Akan tetapi alangkah baiknya untuk tetap menjaga kesehatan tubuh sebelum flu menyerang sehingga kemungkinan resiko-resiko yang telah dijelaskan diatas tidak terjadi, asalkan ibu menjaga janin yang dikandungnya dengan baik CMRWP.

Komentar

BACA JUGA