Bahaya Mengkonsumsi Gorengan Bagi Anak Dan Dewasa

January 31st, 2018

Siapa yang tak tergoda gurihnya gorengan, terlebih jika masih panas. Gorengan juga sangat mudah dijumpai, hampir disetiap tempat Anda akan menjumpai pedagang gorengan. Ada banyak jenis gorengan yang dijual seperti tempe goreng, tahu goreng, pisang goreng, lumpia, ubi goreng, dan masih banyak lainnya. Meski enak, tetapi gorengan jika dikonsumsi secara berlebihan membahayakan bagi kesehatan.

bahaya gorengan pada anak dan dewasa

Minyak Yang Jarang Diganti dan Kotor

Minyak goreng yang sering digunakan untuk menggoreng dan jarang diganti akan mengendap dan membentuk lemak trans yang sangat berbahaya.

Tempat Yang Tidak Higienis

Kebanyakan pedagang gorengan mangkal atau berjualan di pinggir jalan raya. Meski tidak semuanya, hal ini memicu kurang higienisnya makanan yang dijualnya. Debu jalan hingga polusi udara dapat menempel pada gorengan meski sudah ditutup. Hal ini akan menimbulkan penyakit sakit perut, diare, alergi dan gatal-gatal, mual dan muntah-muntah

Pembungkus Gorengan

Seringkali kita membeli gorengan di pinggir jalan dan bungkusnya menggunakan kertas. Tak jarang kertas tersebut terdapat tulisan menggunakan tinta, dan tinta dapat menempel pada gorengan.

Belum lagi asal muasal kertas tersebut, yang kita tak pernah tahu darimana. Bisa saja kertas tersebut berasal dari tempat pembuangan. Bahayanya antara lain adalah menyebabkan kanker, serta penyebab penyakit pencernaan.

Bahan Baku Pembuatan Gorengan

Sudah bukan rahasia umum jika pembeli juga banyak yang khawatir akan bahan baku yang digunakan untuk gorengan. Belum lagi penggunaan bahan pengawet kimia dan bahan berbahaya lainnya. Meski tidak semua pedagang berlaku curang, tetapi penggunaan bahan berbahaya tersebut berbahaya di antaranya, memicu kanker, penyakit batuk, radang tenggorokan atau pemicu alergi.
Penggunaan Vetsin dan Garam Berlebihan

Vetsin dan garam sejatinya digunakan untuk penmabah citarasa pada makanan. Namun takaran vetsin dan garam ini terkadang berlebihan dan tentunya tak baik untuk kesehatan, seperti pusing-pusing, kerusakan syaraf, ataupun alergi.

Melihat berbagai sisi negatif, bukan berarti Anda tak boleh mengkonsumsi gorengan. Akan tetapi lebih baik memperhatikan berbagai hal seperti tempat yang higienis, bungkus yang digunakan, minyak yang jernih, dan sebagainya.

Komentar

BACA JUGA