Baso Tahu – Ikon Kuliner Khas Bandung Yang Legit & Gurih

2e5963_10_1, wisata kuliner bandung, tempat kuliner di bandung, tahu bakso, resep bakso malang, resep batagor tanpa ikan, cara membuat tahu bulatAnda pemburu dan penyuka kuliner? Bagaimana dengan salah satu ikon kuliner khas Bandung, Baso Tahu yang satu ini? Sudah pernah mencobanya? Hmm, sajian Siomay kukus atau yang biasa disebut Baso Tahu oleh masyarakat Bandung dan sekitarnya ini memang begitu legit dan gurih. Jika Anda berkunjung ke kota Bandung, rasanya tak afdol jika tak menyantap kudapan khas yang melegenda ini.

Asal mula Bakso Tahu ini konon bermula dari sebuah perlombaan Cap Go Meh yang pernah diselenggarakan pada tahun 1880 di kota Semarang, saat itu para kumpulan elite peranakan keturunan Cina (Kong Kuan) asal Bandung membuat tim sum atau yang sekarang lebih dikenal dengan nama dim sum berhasil memenangkan lomba. Dari acara inilah kudapan dim sum yang sekarang dikenal sebagai Baso Tahu menjadi populer ke berbagai lapisan masyarakat, tentunya dengan variasi resep yang berbeda.

Di Bandung sendiri, Anda bisa menemukan penjual Baso Tahu dengan sangat mudah. Tidak hanya dijual berkeliling, tetapi juga banyak dijual oleh outlet-outlet kuliner dengan ciri khas Baso Tahunya masing-masing hingga tersedia di mall-mall besar. Kualitas Baso Tahu yang dijajakan dipinggir jalan maupun outlet-outlet yang sudah memiliki nama besar, memang tidak berbeda jauh. Hanya dari segi bahan baku utama saja yang biasanya berbeda. Baso Tahu yang dijajakan di pinggir jalan umumnya tidak banyak memakai ikan tenggiri sebagai bahan campuran utamanya, bahkan ada yang sama sekaki tidak menggunakannya. Namun jika di outlet-outlet ternama rata-rata mereka menggunakan campuran ikan tenggiri asli sehingga harganya pun relatif mahal.

Baso Tahu Tulen misalnya, mereka sangat menjaga kualitas produknya dengan tetap menggunakan bahan baku ikan tenggiri berkualitas meskipun harganya relatif mahal. Selain itu, mereka mengaku bahwa bumbu-bumbu yang digunakan pun berasal dari rempah-rempah yang masih segar dan terjaga kualitasnya. Seperti bahan cabai, mereka memilih membelinya langsung dari para petani di Lembang, begitupula dengan sayuran yang digunakan sebagai sajian pendamping Baso Tahu Tulen yang dijualnya. Tak heran jika satu porsi Baso Tahu Tulen ini berkisar antara 30-50 ribu rupiah. Baso Tahu Tulen ini berada Jl. Purnawarman No. 13-15 Babakan Ciamis Sumurbandung dan beberapa cabang lainnya yang bisa Anda temukan salah satunya di pinggir toserba Yogya Griya Buah Batu.

Selain Baso Tahu Tulen, ada Raja Baso Tahu Saboga di Jl. Gatot Subroto No.289, Bandung Super Mall, Baso Tahu gerobak Mang Ade di Jl. Ternate tepatnya di depan salon Wella, dekat pol bis Kramat Jati, dan masih banyak lagi. Lalu apa yang membedakan Baso Tahu dengan Batagor? Pada dasarnya, kedua kudapan ini memiliki bahan dasar yang sama. Hanya berbeda dalam proses memasak dan penyajiannya. Jika Baso Tahu adonannya dikukus dan disajikan dengan kentang rebus, pare, telur rebus dan kol rebus yang digulung dan diberi saus kacang, maka Batagor proses adonannya digoreng lalu disajikan dengan saus kacang tanpa ditambah jenis makanan pendamping lain. Tidak kalah seperti bakso tahu, batagor Bandung pun cukup terkenal diantaranya adalah Batagor Riri dan Batagor Kingsley Bandung yang menjadi salah satu makanan khas Bandung serta beberapa inovasi kuliner terbaru seperti tahu jeletot dan tahu crispy yang menjadi oleh oleh khas Bandung.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE