Bedak Bayi, Benda yang Harus Dihindarkan Kalau Bayi Mengalami Ruam Popok

October 24th, 2017

Jika bayi mengalami bercak berwarna kemerahan yang disertai lecet-lecet ringan dan terasa gatal di kulit bisa jadi bayi terkena ruam popok. Ruam popk sendiri adalah peradangan atau iritasi yang terjadi di sekitar bokong dan paha bagian dalam bayi. Keadaan ini bisa terjadi karena factor kelembapan kulit bayi.

Bayi yang mengalami ruam popok ini lebih rewel dari biasanya apalagi saat Bunda mnegganti popoknya. Untuk itu, Bunda haruus tahu bagaima caranya agar bayi terhindar dari ruam popok dan tidak membuat ruam tersebut semakin parah. Dikutip dari web nakita, berikut ini yang harus Anda ketahui tentang ruam popok;

ruam popok bedak

1. Jaga kebersihan popok bayi

Air seni mengandung bakteri yang bisa membuat kulit bayi terkena ruam popok. Apalagi jika dibiarkan akan menimbulkan resiko penyakit. Untuk itu, selalu jaga kulit bayi untuk tetap kering dan bersih.

Bila si kecil sudah terlanjur terkena ruam popok, janganlah menggosok kulit bayi ketika Bunda ingin mengeringkannya. Cukup tepuk-tepuk ringan permukaan kulit bayi dengan handuk lembut. Ketika bayi mengompol, bersihkan dan angina-angikan sebentar sebelum popok bayi diganti yang baru.

2. Mengganti merk popok bayi yang dipakai

Factor lainnya yang bisa membuat bayi mengalami ruam popok adalah merk popok. Terdengar sepele, tetapi ketidakcocokan kulit bayi dengan bahan dari sebuah produk popok bisa membuat kulit bayi mengalami ruam popok. Yang harus Bunda lakukan adalah memilih produk popok atau merk popok lainnya yang sudah terpercaya. Untuk menghindari ruam agar tidak terjadi lagi, pilihlah produk popok yang memiliki daya serap yang tinggi.

3. Hindari pemakaian bedak

Kebanyakan Bunda akan memilih untuk menggunakan bedak sebagai ‘obat’ dari ruam popok yang dialami si kecil. Karena menurut Bunda, penggunaan bedak akan membuat si kecil tidak merasa perih. Padahal, bedak akan lebih memperparah ruam popok pada si kecil.

Dilansir tribunnews.com, menurut pakar kesehatan dr. Jerome Valleteau de Moulliac, penggunaan bedak pada ruam bayi akan memperparah iritasi kulit si kecil. Bunda bisa memakai cara tradisioa=nal yang lebih aman untuk mengatasi ruam si kecil yaitu dengan mengoleskan minyak kelapa, virgin oil, atau minyak zaitun untuk mengobati ruam pada kulit bayi.

Setelah mengetahui fakta-fakta di atas, kita tahu bahwa bedak tidak disarankan sebagai ‘obat’ untuk ruam popok si kecil. Pastikan juga, si kecil berpakaian bersih dan memakai pakaian yang kering. Bila di rasa tidak cocok, segera ganti merk popok bayi.

Mengenai bedak sebagai ‘obat’ ruam popok, informasi salah itu tentang penanganan untuk ruam si kecil akan berakibat fatal bagi si kecil. Untuk itu,cari informasi yang valid sebanyak-banyaknya. Sebagai Bunda yang cerdas, Bunda selalu memastikan hal-hal sekecil apa pun untuk si kecil.

Komentar

BACA JUGA
  • Terbaru
  • Terpopuler
anak doyan dandan

Anak Doyan Berhias? Ini Hal yang Harus Dilakukan Orang Tua

Berdandan cantik merupakan aktivitas yang sering dilakukan ...
bahaya kucing ibu hamil

Buat Para Ibu Hamil, Perhatikan Nih 7 Bahaya Dekat-Dekat Kucing!

Kucing merupakan hewan yang banyak berkeliaran di sekitar ...
anak multi bahasa

Ingin Mendidik Anak dengan Komunikasi Dua Bahasa? Ikuti 5 Tips Berikut!

Anak kecil atau usia balita yang dapat berkomunikasi dengan ...
minuman ibu hamil

Penting! Minuman yang Boleh dan Tidak Boleh Dikonsumsi Ibu Hamil

Sebagai Ibu yang baik pasti akan memberikan yang terbaik ...
kantung mata anak

4 Tips Ampuh Menghilangkan Kantung Mata pada Anak

Tak hanya orang dewasa, kantung mata juga bisa terjadi pada ...
penyakit kulit anak

6 Penyakit Kulit Pada Anak yang Perlu Diwaspadai

Sebagai orang tua yang selalu waspada dengan kesehatan si ...
cara mengajari anak menghitung

Cara Mudah dan Efektif Mengajarkan Anak Menghitung

Tak semua anak berbakat dalam mengusai matematika. Tetapi ...