Begini Lho, Uniknya Orientasi Mahasiswa Baru di Berbagai Negara!

oweekDi Indonesia, orientasi mahasiswa baru ini sering disebut sebagai MOS (Masa Orientasi Siswa) sedangkan di negara barat pekan orientasi mahasiswa ini disebut sebagai Fresher Week. Fresher Week yaitu masa di mana diadakannya kegiatan untuk mengarahkan dan memperkenalkan lingkungan perguruan tinggi kepada mahasiswa barunya pada awal tahun akademik universitas. Setiap universitas dari berbagai Negara memiliki variasi dalam mengadakan fresher week ini, bahkan masa orientasinya pun berbeda-beda, ada yang hanya 3 hari hingga 5 minggu seperti yang dilakukan di Chalmers. Selama masa orientasi, para freshmen ini akan berpartisipasi dalam berbagai kegiatan sosial seperti live music, pertunjukkan drama, tantangan olahraga hingga pasar terbuka.

Di beberapa perguruan tinggi ternama di Amerika Serikat dan Kanada, pekan orientasi ini dikenal sebagai Frosh (Frosh Week) atau SOAR (Student Orientation and Registration). Sedangkan di Inggris dan Irlandia mereka menyebutnya sebagai Fresher’s Week, di Australia, Afrika Selatan, Selandia Baru dan beberapa universitas di Kanada menyebutnya O-Week (Orientation Week). Di Swedia dikenal sebagai Nollning (Nolla=Nol) atau Inspark, dan beberapa universitas lainnya menyebutnya sebagai WOW (Week of Welcome). Selain itu, seperti halnya di Indonesia pekan orientasi setiap Negara juga berbeda-beda kegiatannya, seperti apakah yang terjadi di Negara lain? Simak informasinya di bawah ini.

Indonesia

Di Indonesia, orientasi mahasiswa baru ini umumnya berlangsung selama 3-5 hari. Orientasi ini biasanya dijalankan oleh para senior dan anggota presidium perguruan tinggi. Pekan orientasi siswa di Indonesia biasanya terdiri dari pendidikan dan pengenalan perilaku kampusnya, meskipun cara penyambutan mahasiswa barunya bisa dikatakan sangat berbeda dengan Negara-negara lainnya./p>

Pada umumnya para freshmen diharuskan mengenakan aksesoris yang tidak biasa (seperti memakai tas dari karung goni, topi dari karton, bahkan sampai pita dari tali rapia). Tak jarang, beberapa hukuman fisik pun masih sering terjadi di beberapa universitas. Dan berita baiknya, beberapa perguruan tinggi besar dan ternama di Indonesia kini mulai meninggalkan tradisi pekan orientasi mahasiswa yang terkesan penghinaan dan pelecehan menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat dan tidak menekan mental.

Australia

Para freshmen di Australia, masa O-week lebih kepada memberikan peranan induksi kehidupan kampus di mana mereka diharuskan menghadiri kegiatan kampus seminggu sebelum perkuliahan dimulai. Hal ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mereka agar bisa menyesuaikan diri dengan kehidupan kampus tanpa tekanan akademik kuliah. Di beberapa perguruan tinggi ternama di Australia seperti University of Melbourne, University of New South Wales, danUniversity of Sydney malam final O-Week biasanya dirayakan secara besar-besaran dengan menghadirkan band-band ternama.

Di Adelaide University, selama O-Week klub olahraga dan sosial lainnya sibuk mempersiapkan boot yang akan digunakan oleh klub untuk menampilkan kegiatan mereka. Event terbesar selama O-Week yang terkenal adalah O-Ball yang berlangsung di Cloisters (Union House) yang menarik ribuan pengunjung untuk ikut bersuka ria. Para pengunjung tidak hanya berasal dari mahasiswa Adelaide University tetapi juga dari masyarakat umum karena event ini diselenggarakan secara terbuka.

Kanada

Di Kanada, pekan orientasi mahasiswa sangat bervariasi tiap perguruan tinggi. Di University of Ottawa dan Carleton University misalnya, masa orientasinya dilakukan sekitar 7 hari di mana di University of Ottawa disebut sebagai 101 Week sedangkan di Carleton University memiliki beberapa jenis masa orientasi seperti PROSH (Sprott Frosh), ENG Frosh, Radical Frosh, dan terbesar adalah CUSA/RRRA/SEO Frosh.

Di University of British Columbia, perkuliahan sengaja ditiadakan untuk semua mahasiswa untuk menyambut mahasiswa baru yang disebut sebagai Imagine Day. Sedangkan University of Toronto memiliki sejumlah Frosh Week yang berbeda tegantung siapa penyelenggaranya, bisa dari kelompok-kelompok mahasiswa di dalam lingkungan kampus, seperti klub-klub sosial perguruan tinggi, fakultas profesional (yang paling terkenal adalah Frosh Week yang diselenggarakan oleh Engineering Society – Skule, yang mewarnai tubuh mereka dengan warna ungu) dan University of Toronto Students’ Union.

Frosh Week terunik terjadi di Queen University karena kegiatannya diadakan secara sangat rahasia, tidak ada yang tahu apa yang terjadi selama petualangannya kecuali mahasiswa dan alumninya. Sedangkan program orientasi mahasiswa terbesar di Kanada pernah diselenggarakan di Western University yang melibatkan lebih dari 1.200 relawan mahasiswa dan diadakan selama 1 minggu.

Inggris dan Irlandia

Di Inggris dan Irlandia, kegiatan Fresher Week lebih kepada mengakrabkan mahasiswa baru dengan perwakilan Uni Mahasiswa yang seringkali melalui beberapa bentuk seperti “pub crawl”. Mereka menjadikan musik sebagai salah satu acara umum pada Fresher Week yang dikombinasikan dengan beberapa pertemuan sosial yang dirancang khusus untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa baru untuk membuat teman baru dan saling mengenal rekan-rekan mereka.

Amerika Serikat

Fresher Week di Amerika biasanya berlangsung selama beberapa hari hingga minggu dengan kegiatan pengenalan informal dan pelantikan lembaga. Para calon mahasiswa baru akan dipimpin oleh mahasiswa senior dan akan melalui berbagai acara mulai dari tur kampus, game, kompetisi hingga kunjungan lapangan.

Di sebagian perguruan tinggi, mereka bahkan diharuskan menghadiri kampus pada musim panas selama beberapa hari dan akan dimasukkan ke dalam kelompol orientasi yang dipimpin oleh seorang senior terlatih. Senior tersebut akan membawa mereka mengelilingi kampus, melakukan kegiatan bersama, berdiskusi, dan membuat mahasiswa baru merasa nyaman datang ke kampus pada semester musim gugur. Masa orientasi mahasiswa di Amerika ini merupakan hal yang wajib bagi seluruh mahasiswa baru khususnya mahasiswa internasional karena merupakan salah satu prasyarat untuk mengaktifkan status visa mereka.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE