Berbagai Hal Unik yang Hanya Ada di Indonesia

makan2Hidup di Indonesia itu ngangenin lho! Bagi yang pernah hidup di luar negeri,  menjalankan pendidikan atau sekedar liburan tentu pernah merasakan kerinduan hidup di Indonesia, di mana ada hal-hal yang hanya bisa kita temukan di Indonesia tercinta. Hal-hal tersebut mungkin dianggap biasa saja, namun ketika kita sudah berada di luar Indonesia, tentu hal yang semacam itu menjadi hal yang langka dan ngangenin.

Hal-hal unik tersebut bisa saja suatu kebiasaan sehari-hari baik dalam lingkungan keluarga atau lingkungan masyarakat. Adat ketimuran dan keagamaan yang kita pegang teguh tentu juga menjadi ciri khas kita masyarakat Indonesia yang sangat sulit ditemukan di negara lain.

Kami sudah merangkum berbagai kebiasaan unik atau hal-hal yang kita anggap biasa, namun menjadi luar biasa bagi orang lain. Berikut adalah hal-hal unik yang hanya kita temukan di Indonesia.

Makan Cabe Mentah-Mentah

Taukah Anda bahwa makan cabe mentah-mentah ini hanya bisa kita temukan di Indonesia. Kita sendiri tentu pernah makan cabe mentah-mentah ketika makan gorengan bukan? Nah, mungkin jika Anda melakukan hal ini di luar negeri dianggap aneh, karena di luar negeri cabe sebelum dikonsumsi biasanya diolah terlebih dahulu.

Makan Pakai Tangan

Makan langsung menggunakan tangan tidak identik dengan ‘orang susah’ lho. Justru makan pakai tangan dianggap mempunyai kenikmatan tersendiri, sebut saja ketika makan lalapan, pecel lele, tempe penyet atau makanan sejenisnya. Cara makan seperti ini sudah mendarah daging di Indonesia hingga kini. Hal ini dianggap aneh jika di luar negeri yang sudah biasa menggunakan sendok, garpu atau sumpit ketika makan. Sssst… jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya saat makan pakai tangan ini.

Belum Makan Jika Belum Makan Nasi

Masyarakat Indonesia selalu menganggap bahwa kita dianggap belum makan kalau belum makan nasi. Nasi memang menjadi makanan pokok Indonesia, namun bukan berarti tidak makan nasi itu belum makan. Banyak jenis makanan lain yang mengandung karbohidrat dan sebagai pengganti nasi, namun tetap saja ada anggapan bahwa belum makan kalau belum makan nasi. Di luar negeri, nasi bukanlah makanan pokok yang harus dimakan tiap hari. Mereka beralih ke roti atau kentang sebagai sumber karbohidrat.

Mandi Dua Kali Sehari

Sejak kecil kita dibiasakan mandi dua kali sehari oleh orang tua kita, sebelum berangkat ke sekolah dan saat sore hari. Mandi dua kali sehari dikarenakan suhu Indonesia yang cukup panas dan kelembapan udara yang tinggi sehingga orang mudah berkeringat. Jika tidak mandi, tentu bau! Berbeda dengan negara yang mempunyai suhu udara yang dingin, mereka mandi biasanya hanya satu kali dalam sehari atau tidak mandi sama sekali dalam satu hari, hanya cuci muka saja.

Penggunaan Tisu dan Air saat di Toilet

Di Indonesia cara membersihkan diri setelah buang air adalah dengan menggunakan air, namun di luar negeri mereka biasanya menggunakan tisu. Mungkin bagi Anda yang sudah biasa menggunakan air akan merasa aneh jika membersihkan menggunakan tisu, ini dianggap kurang bersih atau sebagainya. Padahal soal tingkat kebersihan yang mana antara itu tergantung kita sendiri.

Nah itulah beberapa hal yang menjadi unik di Indonesia yang tidak kita sadari. Bagaimanapun hal-hal di atas sudah menjadi kebiasaan kita sebagai masyarakat Indonesia, sehingga ketika tidak melakukannya justru kita sendiri yang merasa aneh.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE