Bika Ambon – Penganan Khas Kota Medan

kue-bikaambonSiapa yang tidak mengenal penganan khas Medan yang satu ini, ya Bika Ambon. Sebagian orang telah keliru menyebutkan asal usul daerah makanan ini karena namanya menjurus kepada kota Ambon, padahal Bika Ambon merupakan kuliner khas kota Medan. Bika Ambon memiliki beragam versi sejarah mengenai asal-usulnya, dari sekian versi ada satu versi sejarah yang dikemukakan oleh seorang budayawan dan sejarawan bernama Tengku M Muhar Omtatok mengatakan bahwa Bika Ambon terilhami dari kue khas Melayu yaitu Bika atau Bingka yang selanjutnya dimodifikasi dengan bahan pengembang berupa Nira/Tuak Enau hingga berrongga dan berbeda dengan kue Bingka khas Melayu tersebut.

Omtatok mengatakan bahwa alasan kue ini disebut sebagai Bika Ambon karena pada saat itu kue ini dijual pertama kali di Jl. Ambon – Sei Kera Medan. Diduga, sebutan Bika Ambon ini muncul dari kebiasaan masyarakat yang dahulu baru mengenal Bika yang diproduksi di Jalan Ambon tersebut, hingga penyebutan Bika Ambon menjadi tradisi yang melekat seiring dengan menjamurnya industri makanan saat ini.

Di Kota Medan, Sumatera Utara sendiri Bika Ambon terkenal sebagai oleh-oleh khas yang banyak diburu wisatawan yang mampir ke kota ini, di Jalan Mojopahit daerah Medan Petisah saja terdapat kurang lebih 30 toko yang menjual jenis kue basah ini. Setiap tokonya bahkan mampu menjual lebih dari 1.000 bungkus Bika Ambon setiap harinya apalagi jika menjelang perayaan hari Raya Idul Fitri.

Bika Ambon sendiri merupakan penganan khas Indonesia yang umumnya dibuat dari bahan utama telur, gula dan santan. Selain dijual dengan rasa original dan pandan, kini Bika Ambon telah banyak dimodifikasi menjadi beragam rasa seiring dengan tuntutan pasar. Ada Bika Ambon rasa durian, keju dan cokelat. Untuk menikmati Bika Ambon dengan rasa dan kondisi terbaik, tidak disarankan untuk menyimpannya lebih dari 4 hari, karena jika lebih dari 4 hari kondisi Bika Ambon akan menjadi mengeras dan tidak enak untuk dikonsumsi.

Jika Anda sedang berkunjung ke Medan, jangan lupa untuk membawa oleh-oleh khas Bika Ambon ini. Di Medan sendiri ada toko yang terkenal enak, Anda bisa menemukan Bika Ambon Zulaikha di Jl Mojopahit No. 62 Medan (061) 4528181. Harga Bika Ambon ukuran kecil berkisar antara Rp35.000 – Rp45.000 sedangkan ukuran besar berkisar antara Rp60.000 – Rp70.000. Di Jakarta ada Sylvie Bika Ambon Medan di Jl. Cempaka Putih Raya No. 110, dan di daerah Bandung Anda bisa menemukannya di gerai Westhoff di Istana Plaza, GF, Jl. Pasir Kaliki No. 121 – 123, Kebon Kawung, 40173.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE