Bolehkah Ada Barang Elektronik di Dalam Kamar Pribadi Anak?

kamarSaat usia anak Anda sudah memasuki sekolah, kadang Anda ingin privasi Anda dan pasangan Anda tetap terjaga, ada kalanya karena hal ini Anda tentu menempatkan anak Anda pada ruangan tersendiri. Ini bukanlah hal yang salah, karena bisa melatih kemandirian anak agar tidak terus-terusan tidur bareng orang tua atau dibangunkan saat pagi hari.

Masalah selanjutnya mungkin seiring bertambahnya usia Anda, anak Anda akan meminta ini dan itu kepada Anda, maksudnya adalah ada kemungkinan anak Anda meminta barang-barang elektronik dan perlengkapan lainnya di kamarnya. Sebatas apa Anda harus memenuhi kemauan putra putri Anda? Berikut ini adalah tips-tips bagaimana ketika Anda menghadapi dalam situasi seperti ini:

Batasi Barang Elektronik dalam Kamar
Ini wajib Anda lakukan ketika usia anak Anda remaja ke bawah. Barang elektronik ini misalkan adalah televisi. Televisi di kamar bisa membuat anak terpaku pada kamarnya dan tidak mau bergaul di lingkungannya. Terlebih jika saat ini tayangan di televisi memang kebanyakan kurang mendidik bukan? Jadi sebaiknya jika anak Anda ingin menonton televisi di tempat keluarga.

Tentukan Konsol Games Sebijak Anda
Bagi anak laki-laki, tentu ada keinginan untuk memiliki konsol game sendiri, seperti PlayStation, Nintendo, Xbox atau sejenisnya. Keadaan seperti ini bukanlah hal yang dilarang, namun sekali lagi tempatkanlah konsol games tersebut di televisi ruang tamu. Atau jika tidak memungkinkan Anda harus membatasi penggunaannya.

Tidak Perlu Memakai AC
AC kadang diperlukan untuk keluarga yang tinggalnya di kota besar sepeti Jakarta, Surabaya atau kota yang memiliki suhu tinggi sepanjang hari. Untuk kamar anak Anda memang belum perlu, ganti dengan kipas angin. Ingat bahwa AC juga berdampak pada kesehatan dan lingkungan Anda, jadi batasi pemakaian AC di tempat yang kurang diperlukan.

Desain Kamar Disesuaikan dengan Pribadi Anak
Desain kamar anak bisa dibilang menjadi hal penting, Anda bisa menyesuaikan desain kamar anak Anda dengan kepribadiannya, pilihlah warna yang cerah dan desain yang minimalis dan sesuaikan dengan anak Anda. Maksudnya jangan mendesain kamar feminim untuk anak lelaki ataupun sebaliknya.

Aksesoris Secukupnya
Tambahkan aksesoris secukupnya, misalkan poster idola anak Anda, klub favorit anak Anda dan yang penting adalah foto keluarga.

Alat Musik
Anda bisa menaruh alat musik seperti gitar atau piano dalam kamar Anda. Alat musik ini bisa dipakai anak Anda saat waktu luang, ini bisa meningkatkan kekreatovitasan anak Anda dalam bermusik.