Bolehkah Ibu Hamil Tidur Siang Hari? Berikut Ini Jawabannya

Bagi ibu hamil, istirahat yang cukup adalah salah satu hal penting yang dibutuhkan untuk menunjang kesehatan ibu hamil dan janin dalam kandungan. Salah satu istirahat terbaik adalah tidur. Namun, ada banyak mios yang mengatakan bahwa ibu hamil tidak diperbolehkan tidur siang karena dapat menyebabkan pertumbuhan bayi menjadi terhambat.

ibu hamil tidur siang

Namun, menurut ilmu kedokteran tidur siang saat hamil justru diperlukan untuk mengembalikan kebugaran tubuh atas aktivitas yang dilakukan seharian. Beberapa pakar kesehatan menganjurkan tidur siang terutama ketika menginjak usia kehamilan di trimester pertama dan terakhir.

Tetapi hal yang perlu diperhatikan adalah jumlah jam tidur antara siang dan malam bagi ibu hamil harus diperhatikan. Sebab jika terlalu banyak tidur siang, akan membuat seseorang susah tidur pada malam hari. Oleh sebab itu, lebih baik ibu hamil hanya tidur maksimal 3 jam pada siang hari.

Ibu hamil memang disarankan untuk tidur siang namun dengan cara yang benar. Lakukan tips berikut:

1. Tidurlah sekitar pukul 14:00 hingga 15:00 dan usahakan tidak tidur lebih dari 3 jam.

2. Disarankan untuk mencari dan menemukan tempat yang membuat Anda merasa nyaman atau di ruang gelap.

3. Tetap melakukan olahraga ringan 3x seminggu selama 45 menit sehingga ketika di siang hari tubuh terasa lelah dan akan membuat Anda lebih cepat tidur.

Manfaat tidur siang bagi ibu hamil banyak mempengaruhi tubuh secara positif bagi kesehatan seperti memperbaiki mood, mengurangi rasa lelah, meningkatkan konsentrasi hingga meningkatkan kinerja organ tubuh lebih baik.

Dan bagi ibu hamil tidak perlu takut merasa mengantuk di siang hari, sebab hal ini sangat wajar. Ketika ibu hamil banyak melakukan aktivitas di pagi hari dan merasa lelah di siang hari. Walau tidur siang memiliki banyak manfaat positif, namun tidur malam jauh lebih penting sehingga ibu hamil hanya disarankan tidur sebentar di siang hari. Hal ini agar ibu hamil dapat tidur nyenyak di malam hari dan dapat beristirahat dengan maksimal.

Apabila ibu hamil merasa ngantuk di pagi hari, usahakan jangan tidur sebab tidur di pagi hari dan siang hari adalah hal yang berbeda. Bisa jadi Anda yang sering tidur di pagi hari memiliki masalah hormonal atau masalah kesehatan lainnya. Dan disarankan untuk berkonsultasi kepada dokter.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE