Buat Para Ibu Hamil, Perhatikan Nih 7 Bahaya Dekat-Dekat Kucing!

November 20th, 2017

Kucing merupakan hewan yang banyak berkeliaran di sekitar rumah kita. Tetapi apakah Anda sadar akan bahaya yang dibawa kucing itu sendiri? Kucing adalah hewan yang dapat membahayakan ibu hamil.

Meski kucing banyak disukai oleh banyak orang, akan tetapi ada banyak penyakit yang dibawa oleh kucing liar. Bakteri dan virus dapat dibawa kucing melalui bulunya hingga kotorannya. Oleh sebab itu, disarankan ibu hamil untuk menghindari kontak dengan kucing.

bahaya kucing ibu hamil

Berikut bahaya kucing bagi ibu hamil:

1. Terkena Tokso

Virus tokso dibawa oleh kotoran kucing. Virus ini dapat menyebabkan janin meninggal dalam kandungan. Wanita yang terkena virus tokso juga dapat menyebabkan sulit hamil. Oleh karena itu, ibu hamil yang terkena virus ini wajib mengontrol keberadaab virus ini dengan sering kontrol dengan dokter.

2. Janin Cacat

Virus toksi ada pada kucing liar yang suka memakan tikus yang telah terkontaminasi virus tersebut. Ibu hamil yang tanpa sengaja menyentuh kotoran kucing tersebut akan terkena virus ini. Dampak virus tokso yakni penyebab janin cacat dalam kandungan.

3. Merusak Organ Mata Bayi

Ibu hamil yang terkena virus tokso akan memiliki dampak buruk pada saat bayi lahir. Parasit tokso mampu menginfeksi mata bayi dan menimbulkan kerusakan pada organ bayi salah satunya mata.

4. Kerusakan Otak

Jika virus tersebut telah sampai ke otak bayi, bayi akan mengalami down syndrome, keyerlambatan berfikir hingga kelumpuhan.

5. Menyebabkan Flu Berkepanjangan

Infeksi ringan yang akan dialami ibu hamil ialah flu berkepanjangan. Dampak virus toksi yang ringab berupa penurunan sistem imun sehingga ibu hamil akan mudah lelah dan terserang flu berkepanjangan.

6. Infeksi Getah Bening

Jaringan bawah kulit pada tubuh ibu hamil bisa terinfeksi dengan ditandai getah bening mengalami peradangan dan juga pembengkakan virus tokso ini jika sudah sampai membuat getah bening mengalami peradangan dan pembengkakan dan dapat menular hingga ke janin.

7. Kelumpuhan

Pada studi kasus, bayi yang lahir mengidap virus tokso dapat mengalami kelumpuhan. Virus tokso menyerang syaraf hingga ke otak. Sehingga tubuh sulit digerakkan dan sang anak hanya berbaring di atas kasur saja.

Begitu banyak dampak buruk yang terjadi apabila ibu hamil melakukan kontak fisik dengan kucing, khususnya kucing liar. Namun, apabila ibu hamil memang menyukai kucing, disarankan tetap menjaga kebersihan ketika menyentuh kucing seperti memakai sarung tangan dan selalu memberaihkan diri dan pakaian setelah melakukan kontak fisik dengan kucing.

Komentar

BACA JUGA