Bubur Sumsum, Pas Buat MP-ASI

bubur-sumsumSebagai orangtua yang memiliki anak perdana, pasti merasa kebingungan ketika anak sudah memasuki masa MP-ASI. MP-ASI merupakan singkatan dari Makanan Pendamping ASI, ketika anak sudah berusia 6 bulan kecukupan ASI nya berangsur-angsur berkurang dan kecukupan nutrisinya secara bertahap dipenuhi dari makanan selain ASI yang disebut MP-ASI.

Ada banyak opsi yang bisa Anda pilih untuk memulai MP-ASI, seperti memulainya dengan memberikan jus atau pure buah, atau ada juga yang memberikan tepung beras sebagai awal MP-ASI. Yang paling penting untuk diketahui adalah, perhatikan kemampuan makan anak Anda dan pilihlah makanan awal MP-ASI yang sekiranya tidak akan memberatkan kinerja pencernaannya.

Bubur Sumsum contohnya, Anda bisa memberikan jenis makanan ini ketika anak minimal sudah berusia 8 bulan, hal ini untuk mencegah pencernaan anak mengalami kinerja berlebih saat memprosesnya. Namun, alangkah lebih baik jika resep makanan ini diberikan kepada anak yang sudah berusia 1 tahun karena bahan-bahannya mengandung garam dan gula. Sebagai informasi tambahan, anak di bawah usia 1 tahun tidak disarankan mengkonsumsi gula dan garam (gulgar) termasuk penyedap rasa yang banyak mengandung MSG, hal ini disebabkan karena organ pencernaannya belum mampu memproses kedua jenis bumbu penyedap tersebut secara sempurna sehingga hanya akan memberatkan ginjal dalam memprosesnya. Setelah anak berusia genap 1 tahun, anda baru boleh mengenalkan gulgar dengan batasan tertentu saat menyajikan makanan kesukaannya. Nah, bagi bunda-bunda yang mau mencoba resep Bubur Sumsum spesial untuk si buah hati, berikut resep lengkapnya.

Bahan:

  • 100gr tepung beras
  • 1/2 sdt garam (optional)
  • 650ml santan
  • 1 lembar daun pandan

Saus:

  • 200gr gula merah, sisir
  • 200ml air
  • sedikit garam (optional)
  • 1 lembar daun pandan

Cara Membuat:
1. Campur tepung beras dengan sebagian santan dan garam, aduk.
2. Masak sisa santan dengan daun pandan yang disimpulkan hingga mendidih dengan api sedang.
3. Tuangkan larutan tepung beras dan santan ke dalam panci yang berisi rebusan santan, aduk hingga kental dan meletup-letup dengan api kecil.
4. Rebus air dan gula merah yag telah disisir dengan daun pandan yang disimpulkan hingga mendidih.
5. Sajikan bubur dengan dituang saus gula merah secukupnya dalam wadah saat telah hangat atau dingin sesui selera.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE