Bunda, Jangan Lakukan “Hal Sepele” Jika tidak Mau Membahayakan Si Kecil

July 27th, 2017

Beragam hal sepele kerap menjadi kebiasaan para orang tua saat memperlakukan si kecil. Baik ayah ataupun bunda. Hanya saja, terkadang para orang tua tidak menyadari kalau ada bahaya yang mengancam dari kebiasaan sepele tersebut.

Dikutip dari website nakita, seorang sumber, dr. Martinus M. Leman, DTMH, SpA dari RS Siloam TB Simatupang, Jakarta Selatan, ada beberapa kebiasaan orang tua yang terlihat sepela namun yang dapat membahayakan kesehatan si anak. Apa saja hal sepele tersebut? Mari Bunda simak artikel berikut ini;

kebiasaan sepele orang tua

· Memaksa memakan atau meminum

Bukan rahasia lagi bila kebanyakan bunda sering memaksa anak untuk memakan atau meminum jika si anak tidak mau makan atau makannya terlalu lambat. Ada pula yang memaksa anak untuk meminum jamu yang diharapkan nantinya si anak akan mempunyai nafsu makan yang besar. kadang jika si anak rewel, Bunda terkadang memegangi si anak agar segera makan atau minum sesuatu yang diberi Bunda.

Dilihat dari sisi kesehatan, tentu saja tindakan ini berbahaya bagi si anak. Sebab, jika si anak nangis atau dalam keadaan berontak akan terjadi kondisi aspirasi atau masuknya makanan atau minuman ke saluran napas dan tersedak. Kedua hal ini sangat berbahaya bagi anak apa;lagi jika masih bayi.

· Membuat sufor dengan air hangat dispenser

Membuat sufor atau susu formula menggunakan air hangat dispenser tidak diperbolehkan. Karena suhu air yang dihasilkan dispenser tidak melebihi 70 derajat Celsius, yang mana sesungguhnya bubuk sufor tidak steril. Ditakutkan bakteri dalam sufor masih hidup.

· Memberi makanan padat terlalu cepat

Bayi dibawah 4 bulan sebenarnya tidak memiliki saluran cerna yang mampu mencerna makanan padat. Tetapi mengapa kebanyakan Bunda memberikan makanan padat sebelum usia 6 bulan? Padahal, tak jarang banyak kejadian di mana seorang bayi mengalami diare/sembelit dan yang paling ekstrem adalah bayi mengalami sumbatan pada usus dan harus dioperasi sebagai akibatnya. Untuk itu, Bunda juga harus memerhatikan usia bayi sebelum meberikan makanan padat.

· Mengunyah dan meniup makanan sebelum diberikan si anak

Perlu diketahui, mengunyah atau meniup makanan sebelum dimakan si anak tidaklah dibenarkan, meskipun dengan alasan untuk memudahkan si bayi untuk memakan makanannya. Penyebabnya adalah rongga mulut seseorang banyak mengandung berbagai kuman.

· Malas mencuci tangan sebelum memberi makan anak

Perlu diketahui bahwa salah satu penyebab sakit si anak adalah karena Bunda malas mencuci tangan. Padahal kuman bisa terikut pindah ke sang Bayi ketika Bunda memegang alat makan si bayi.

· Pemberian madu pada bayi di bawah 1 tahun

Madu memang menyehatkan, tetapi tidak dianjurkan untuk bayi di bawah satu tahun karena memiliki risiko masuknya spora dari kuman Clostridiumbotulinum dan dapat berakibat gangguan saraf yang berat. Apalagi si bayi belum memiliki saluran cerna yang sempurna untuk menahan dampak dari spora ini.

· Orangtua perokok menggendong dan mencium si kecil

Meski merokok tidak di depan si anak, apabila masih tercium bau rokok dari pakaian atau napas, bayi atau anak akan mengalami reaksi hipersensitif terhadap bau rokok itu. Bisa jadi si anak/bayi akan mengalami batuk-batuk jika berdekatan dengan orang perokok.

Komentar

BACA JUGA