Bunda Punya Kulit dengan Warna Belang? Ini Penyebab serta Cara Mengatasinya!

Sebagai seorang wanita, bunda tentu ingin menjaga penampilan agar tetap cantik. Apalagi, di hadapan suami. Ada beragam problem yang harus bunda waspadai, salah satunya adalah ketika ada kulit yang memiliki perbedaan warna, atau tampak belang. Bagaimana fenomena kulit belang bisa terjadi?

kulit belang

Penyebab Kulit Menjadi Belang

Ada beberapa faktor yang bisa menjadi pemicu kulit menjadi belang. Terdapat 5 faktor utama yang bisa bunda perhatikan agar tetap waspada dalam menghadapi fenomena ini. Lima faktor tersebut adalah:

1. Melasma
Melasma bisa timbul pada wanita dengan usia antara 20 tahun hingga paruh baya. Penyakit ini bisa diketahui dengan adanya kulit yang memiliki warna kecokelatan, adanya kulit abu-abu di wajah, atau bintik berwarna kebiruan. Melasma, menurut ilmu medis, punya keterkaitan erat dengan perubahan hormon pada tubuh wanita yang bisa muncul karena sering terpapar sinar ultraviolet.

2. Solar lentiginosis
Kondisi ini bisa muncul ketika kulit sering terpapar oleh sinar matahari dalam waktu yang lama. Solar lentiginosis biasa muncul pada punggung kaki, bahu, wajah, punggung tangan, atau punggung atas.

3. Vitiligo
Vitiligo bisa diketahui ketika bunda memiliki kulit berwarna keputih-putihan pada beberapa titik. Hal ini terjadi karena tubuh bunda tidak mampu memproduksi pigmen kulit dalam jumlah yang cukup. Permasalahan ini timbul karena kerusakan sel penghasil pigmen yang disebabkan gangguan autoimun tubuh.

4. Luka
Kemunculan luka juga bisa menjadi penyebab terjadinya kulit belang. Apalagi, ketika luka itu tidak ditangani secara tepat sehingga menimbulkan bekas yang cukup kentara.

5. Paparan sinar matahari
Terlalu sering berada di bawah paparan matahari juga membuat kulit bunda jadi lebih gelap. Alhasil, ada perbedaan warna yang kontras antara kulit yang tertutupi baju dengan bagian yang terpapar sinar matahari secara langsung. Di waktu yang sama, hal ini juga berakibat elastisitas kulit menjadi berkurang serta kering.

Cara Mengatasi Kulit Belang

Lalu, bagaimana cara mengatasi permasalahan kuit yang satu ini? Tidak terlalu sulit. Bunda bisa menggunakan tabir surya yang punya kandungan SPF cukup, di atas 30. Tabir surya dengan SPF di atas 30 terseut berguna untuk memberi perlindungan kulit dari panas matahari.

Namun, kalau problem kulit belang itu terjadi karena masalah genetik, bunda perlu mendiskusikannya dengan dokter spesialis kulit. Dengan begitu, bunda bisa mengetahui lebih lanjut mengenai kondisi yang ada pada tubuh bunda.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE