Bunda Wajib Tahu! Ini 5 Penyebab Mimisan yang Terjadi Pada Anak

May 3rd, 2018

Banyak masalah kesehatan yang sering menimpa si kecil. Satu dari sekian banyak problem tersebut adalah mimisan. Secara khusus, mimisan sering terjadi pada anak yang berusia sekitar 2 tahun. Mimisan pun bisa terjadi kapan saja. Ketika anak tengah sibuk bermain, atau bahkan ketika mereka mau tidur.

Ketika si kecil mengalami mimisan, orang tua sering panik. Apalagi, setelah melihat darah dalam jumlah besar yang keluar dari hidung anak. Perlu bunda ketahui, mimisan tidak menimbulkan dampak berbahaya bagi anak. Hanya saja, kalau mimisan terjadi dengan durasi lebih dari 30 menit, bunda perlu mempertimbangkan untuk membawa anak ke rumah sakit.

mimisan pada anak

Penyebab Mimisan Pada Anak

Lalu, apa sih yang menjadi penyebab terjadinya mimisan pada si kecil? Terkait hal yang satu ini, bunda wajib tahu bahwa mimisan terbagi menjadi 2, yaitu mimisan yang terjadi pada bagian depan (anterior) dan bagian belakang (posterior) hidung.

Dari kedua jenis mimisan itu, anterior merupakan kasus mimisan yang sering terjadi pada anak. Bahkan, hampir 90 persen mimisan pada anak adalah mimisan anterior. Sementara itu, mimisan posterior kerap menimpa lansia dan orang dewasa.

Ketika mimisan anterior terjadi pada si kecil, ada 5 penyebabnya yang perlu bunda ketahui, yaitu:

1. Suhu yang ekstrem

Ketika anak tengah menghadapi kondisi suhu yang ekstrem, bisa jadi tubuh mereka akan merespons dengan mengeluarkan darah lewat hidung. Mimisan yang terjadi pada kasus ini memperlihatkan bahwa si kecil memiliki daya tahan rendah.

2. Sering mengorek hidung

Mimisan juga bisa terjadi ketika si kecil terlalu sering mengorek hidungnya. Pada kasus ini, tak menutup kemungkinan bahwa ketika tengah mengorek hidung, ada bagian dalam hidung yang terluka akibat tangan anak. Alhasil, darah keluar dari bagian yang luka tersebut.

3. Terlalu lelah

Ketika anak beraktivitas secara intens seharian, tak menutup kemungkinan tubuh mereka mengalami kelelahan. Ditambah lagi, ketika pembuluh darah pada si kecil yang berada dalam kondisi lemah, membuatnya gampang pecah akibat terlalu tegang. Ketegangan pembuluh darah itu bisa mudah terjadi ketika anak mengalami kelelahan.

4. Stress

Anak yang stress juga memiliki kecenderungan gampang mengalami mimisan. Tekanan yang terlalu berat pada si kecil, kerap diperlihatkannya dengan melemahnya kondisi fisik tubuh. Salah satunya adalah dengan terjadinya mimisan.

5. Terbentur

Terakhir, mimisan juga bisa muncul ketika anak mengalami benturan di bagian hidung. Perlu bunda ketahui, pembuluh darah di dalam hidung memang rentan mengalami luka. Oleh karena itu, bunda perlu selalu waspada ketika menemani si kecil bermain. Pastikan mereka bermain dengan mainan yang aman.

Komentar

BACA JUGA