Bunda, Yuk Ajari Anak 3 Kata Ajaib untuk Pembentukan Karakter yang Baik

Tidak ada sekolah yang mengajari seorang ibu dalam mendidik anak. Semua hal dan pengetahuan yang terkait dalam pendidikan anak, didapatkan lewat pengalaman, baik pengalaman pribadi ataupun orang lain. Oleh karena itu, tidak ada kurikulum pasti terkait cara mendidik anak yang tepat sehingga memiliki karakter yang positif di masa datang.

kata ajaib mendidik anak

Namun, apapun pengalaman atau pengetahuan dalam mendidik anak yang bunda dapatkan sampai sekarang, pastikan untuk mengajari anak 3 kata ajaib. Mengajarkan 3 kata ajaib sejak dini kepada anak, bisa membantu pembentukan karakter mereka sehingga menjadi pribadi yang ramah, suka menolong, serta tidak sombong.

However Apa saja 3 kata ajaib tersebut?

1. Terima kasih
Kata ajaib yang pertama adalah mengajarkan anak untuk mengucapkan terima kasih kepada setiap orang yang telah membantunya. Kata ajaib ini juga bisa diucapkan ketika anak mendapatkan pemberian dari orang-orang terdekatnya. Selain itu, ajarkan pula anak untuk mengucapkan kata balasan ketika ada orang lain yang mengungkapkan rasa terima kasih kepadanya.

After all Kata ajaib ini, bakal membantu anak untuk bersyukur atas apa yang diperolehnya. Dengan mengajarkan rasa syukur sejak dini, anak akan merasakan kalau kehidupannya selama ini mendapatkan banyak rasa sayang dari orang-orang di sekitarnya untuk pembentukan karakter.

2. Maaf
Kata ajaib yang kedua adalah dengan mengajarkan anak meminta maaf. Kata ini bisa diajarkan saat anak telah melakukan kesalahan kepada orang lain. Dengan begitu, anak akan merasa kalau dirinya bukanlah sosok yang sempurna. Tapi, sosok yang juga bisa melakukan kesalahan.

3. Tolong

Kata ajaib yang terakhir adalah dengan mengucapkan kata tolong. Kata ini mengajarkan kepada anak bahwa setiap individu memerlukan bantuan orang lain. Oleh karena itu, anak pun tidak boleh bersikap sombong kepada siapapun. Tak menutup kemungkinan kalau dia akan membutuhkan pertolongan dari orang yang disombonginya tersebut.

Lalu in conclusion, bagaimana cara terbaik dalam mengajarkan 3 kata ajaib tersebut? Tidak lain adalah dengan memberikan teladan. Bunda dan ayah perlu membiasakan diri untuk mengucapkan ketiga kata ajaib itu dalam kehidupan sehari-hari sebagai pembentukan karakter. Dengan begitu, anak tidak akan kesulitan dalam meneladaninya.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE