Bunda, Yuk Sisihkan Uang Belanja untuk Sarana Investasi Masa Depan

Mengatur keuangan keluarga kerap menjadi tugas yang dibebankan kepada ibu rumah tangga. Oleh karena itu, bunda harus memiliki kecakapan dalam mengatur finansial agar roda ekonomi keluarga bisa terus berjalan. Di waktu yang sama, bunda juga perlu mempertimbangkan untuk menyisihkan uang dan menggunakannya sebagai investasi masa depan.

Salah satu pengeluaran yang bisa bunda sisihkan untuk investasi masa depan adalah uang belanja bulanan. Saat melakukan investasi, bunda juga perlu melakukan perencanaan secara matang. Perencanaan ini memuat beragam hal, termasuk di antaranya adalah jenis investasi, alokasi dana yang dipakai, hingga instrumen investasi.

menyisihkan uang belanja untuk investasi

Lalu, bagaimana cara agar penyisihan uang belanja bisa bunda lakukan dengan lancar setiap bulannya? Ada 5 tips yang bisa bunda terapkan, yaitu:

1. Bebaskan diri dari utang
Sebelum melakukan investasi, pastikan kalau semua utang keluarga yang dimiliki telah lunas. Ketika kondisi finansial sudah bebas dari utang, bunda bisa menyisihkan uang dengan cukup ringan tanpa adanya beban tambahan.

2. Reminder
Terapkan reminder setiap bulan untuk melakukan penyisihan uang. Reminder bisa ditetapkan sesuai dengan waktu bunda mendapatkan uang belanja bulanan. Hal ini bisa menjadi penerapan disiplin investasi dalam kebiasaan bunda.

3. Pilih investasi autodebet
Langkah berikutnya adalah dengan memilih model investasi yang dilengkapi fitur autodebet. Fitur ini memaksa bunda untuk melakukan penyisihan uang tanpa harus melakukan setoran manual.

4. Manfaatkan celengan sebagai sarana investasi

Uang receh mungkin terlihat sepele kalau jumlahnya sedikit. Namun, jangan salah. Uang receh juga bisa menjadi sarana untuk menghemat pengeluaran. Bunda bisa mengumpulkan uang receh sisa kembalian belanja pada sebuah celengan. Ketika sudah terkumpul selama beberapa bulan, bunda akan terkejut dengan hasilnya.

5. Dapat arisan? Investasikan!

Bunda juga bisa memanfaatkan uang yang didapatkan dari arisan untuk sarana investasi masa depan. Hal ini dilakukan untuk meminimalkan pemakaian uang secara berlebihan. Apalagi, tindakan seperti ini kerap dilakukan ketika bunda menganggap kalau uang arisan sebagai uang yang datang secara tiba-tiba.

Nah, itulah 5 tips yang bisa bunda terapkan kalau ingin melakukan investasi untuk masa depan. Semua tips itu bisa dijalankan dengan baik ketika bunda menjalankan pola hidup yang hemat dan tidak menghambur-hamburkan uang secara berlebih. Selamat mencoba, ya.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE