Cara Asyik Mengisi Liburan Dengan Berkemah Di Halaman Rumah

camping at homeJika Anda merasa bosan melakukan kegiatan liburan di luar rumah yang memakan waktu dan tenaga, tak ada salahnya jika Anda mencoba liburan di dalam rumah. Salah satu cara menikmati liburan yang mengasyikkan adalah mendirikan kemah di halaman rumah. Asyik bukan?

Bermain di alam terbuka memang baik bagi pertumbuhan anak, tetapi halaman rumah juga bisa dijadikan alternatif terbaik saat waktu Ayah dan Bunda lebih banyak dihabiskan di luar ketimbang dengan anak-anak di rumah. Akan lebih seru lagi jika acara berkemah dilakukan dengan mengundang beberapa anggota keluarga lain seperti keponakan, sepupu, bahkan teman dekat anak di sekolah atau sekitar rumah.

Membangun tempat berkemah di lingkungan dekat rumah selain mudah dan bisa dilakukan kapan saja, tentunya akan membuat suasana lebih nyaman dan praktis. Anda bisa memanfaatkan alat-alat di rumah untuk membangun tenda sehingga anak juga ikut belajar mengembangkan kreatifitasnya. Jika Anda memiliki tenda kemah yang praktis, Anda juga bisa memanfaatkannya. Selain melakukan beberapa persiapan pendirian tenda, ada beberapa hal lain yang perlu Anda lakukan jika Anda ingin mengadakan acara berkemah di lingkungan rumah, berikut tipsnya:

Siapkan tenda kecil. Saat ini banyak tenda-tenda kecil praktis yang diperuntukkan bagi anak-anak. Mereka bisa belajar merakitnya sendiri karena desain tenda sudah dibuat dengan kemudahan khusus untuk digunakan anak-anak. Anda bisa memilih warna tenda yang disukai oleh masing-masing anak agar mereka makin semangat saat berkemah.

Siapkan makanan ringan yang sehat. Agar semakin seru dan betah, Anda bisa menyiapkan beberapa makanan ringan sehat dan praktis yang disukai oleh anak-anak. Hindari cemilan yang banyak mengandung pewarna, pengawet dan pemanis buatan. Sebisa mungkin Anda membuat camilan sendiri berupa kue-kue kecil, bolu dan atau roti bakar istimewa.

Persiapkan berbagai jenis permainan. Anda bisa memilih beberapa permainan seru yang bisa dilakukan di siang hari maupun di malam hari untuk mengisi kegiatan berkemah agar semakin hangat dan seru.

Buat api unggun kecil. Api unggun sederhana dari kumpulan ranting pohon bisa digunakan semaksimal mungkin, pastikan jarak api unggun dengan tenda serta bangunan rumah dibuat berjauhan agar tidak menimbulkan percikan api yang menyebabkan kebakaran. Ajak anak membuat jagung panggang sebagai ciri khas kegiatan berkemah. Selain itu Anda juga bisa menyiapkan acara barbeque jika peserta kemah diikuti oleh banyak anggota keluarga maupun sahabat si kecil.

Kegiatan berkemah kini sudah tidak menjadi kegiatan langka yang hanya bisa dinikmati oleh segelintir orang saja, tetapi Anda pun bisa melakukan kegiatan berkemah ini setiap bulan atau bahkan setiap akhir pekan bersama angota keluarga lainnya. Dengan mengundang beberapa angota keluarga jauh dan teman-teman dekat anak di sekolah atau sekitar rumah bisa menjadi kegiatan seru agar si kecil tidak merasa bosan dan dapat belajar berinteraksi bersama teman-teman sebayanya.