Cara Efektif Mengajak Anak Tidur Siang Tanpa Paksaan

Istirahat yang cukup memiliki peran penting dalam perkembangan anak. Salah satunya adalah dengan membiasakan si kecil untuk menyempatkan waktu tidur siang, barang sejenak. Dengan membiasakan anak untuk tidur siang, mereka bisa mengisi kembali energi yang hilang setelah beraktivitas di pagi hari.

Hanya saja, tak jarang orang tua memiliki kerepotan dalam mengajak anak tidur siang. Alhasil, ada pula orang tua yang menerapkan pemaksaan agar anak mau memejamkan matanya di siang hari. Padahal, bunda bisa memiliki cara yang lebih persuasif dalam menyuruh anak tidur siang.

cara mengajak anak tidur siang

Tidur Siang Menjadi Sarana untuk Mendisiplinkan Anak

Secara psikologis, kebiasaan tidur siang memiliki manfaat besar dalam membiasakan disiplin pada anak. Dengan begitu, mereka memiliki cara tersendiri dalam mengelola waktu serta aktivitasnya.

Di sini, orang tua pun perlu mengajak anak untuk bisa menyempatkan waktu tidur siang secara rutin. Tidak ada salahnya kalau bunda selalu menyediakan waktu untuk menemani anak, baik ketika tidur ataupun bermain. Agar kualitas tidur anak menjadi lebih baik, bunda juga perlu memeluknya dengan hangat.

Cara Mengajak Anak Tidur Siang Tanpa Paksaan

Lalu, bagaimana cara yang bisa diterapkan agar anak bisa diajak tidur pada siang hari? Apalagi, bunda tentu memiliki banyak pengalaman gagal dalam mengajak mereka. Alasan si kecil pun beragam, mulai dari tubuh mereka yang belum capek, masih sibuk bermain, hingga ketakutan nanti tak bisa tidur lelap di malam hari.

Untuk itu, bunda perlu melakukan trik khusus agar bisa mengajak si kecil tidur siang tanpa harus menggunakan paksaan atau bahkan kekerasan. Tips tersebut antara lain adalah:

1. Menghadirkan suasana yang menyenangkan sebelum tidur. Usahakan anak tidak dalam kondisi mood yang buruk. Salah satu caranya adalah dengan mengajak si kecil bermain.

2. Mandi setelah bermain menjadi metode berikutnya yang bisa bunda terapkan. Hal ini perlu dilakukan agar anak merasa nyaman.

3. Biasakan untuk membacakan dongeng atau cerita anak. Ini menjadi pilihan aktivitas sebelum anak diajak untuk tidur. Di waktu yang sama, momen ini juga bisa menjadi momen spesial bagi ibu dan anak.

4. Berikan ciuman dan pelukan ketika anak sudah mulai mengantuk. Tidak lupa, bunda juga perlu mengelus bagian kepala ataupun punggung agar anak bisa cepat pulas.

Dengan mengikuti tips tersebut, anak bisa memperoleh waktu istirahatnya dengan nyaman. Selamat mencoba ya, bunda….

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE